Ambarwati, Dwi (2015) Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Dwi Ambarwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ambarwati Dwi. 2014. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Be -lajar Geografi Siswa SMA.Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Uni- versitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Budijanto M.Sos. Kata kunci model pembelajaran inkuiri terbimbing hasil belajar 12288 12288 12288 Inkuiri terbimbing merupakan suatu pembelajaran di mana guru menyaji-kan masalah sedangkan siswa mencari solusinya. Dalam hal ini guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Model ini ber-upaya menanamkan cara berpikir ilmiah dan melatih siswa untuk belajar mandiri. Proses berpikir ilmiah yang dilakukan oleh siswa dengan cara menanyakan men-coba dan menyimpulkan secara mandiri. Pada pembelajaran inkuiri terbimbing siswa diposisikan sebagai subjek belajar sehingga peran guru tidak lagi dominan. Model ini mempunyai beberapa kelebihan salah satunya adalah dapat membang-kitkan motivasi dan gairah belajar siswa untuk belajar lebih giat lagi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa SMA Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experi-menttal design) dengan desain penelitian Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Probolinggo. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Probolinggo yaitu kelas IIS4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri ter-bimbing dan kelas IIS3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembe-lajaran diskusi kelompok. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Soal yang digunakan dalam penelitian ini yakni 5 butir soal esai. Dalam penelitian ini Uji hipotesis menggunakan uji beda melalui independent sample t-test yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data berupa hasil belajar geografi siswa pada materi menganalisis bentuk-bentuk kearifan lokal dalam bidang per-tanian. Hasil uji statistik dengan uji beda (t-test) menunjukkan model pembe-lajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa. Hal ini diduga karena dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa lebih aktif dan motivasi belajar siswa menjadi lebih tinggi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data dan pembahasan pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa pada materi kearifan lokal dalam peman-faatan sumberdaya alam dalam bidang pertanian dengan menerapkan model pem-belajaran inkuiri terbimbing memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi diban-dingkan dengan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran diskusi ke-lompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inkuiri terbimbing dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa sehingga model ini dapat dite-rapkan oleh guru mata pelajaran geografi. Bagi peneliti selanjutnya a) Pembagian kelompok harus heterogen. b)Agar lebih teliti dalam memilih contoh kejadian senjang (crepant event). c)Perlu penelitian lanjutan dengan menggunakan variabel yang sama tetapi dengan lokasi jenjang pendidikan dan materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62293 |
Actions (login required)
View Item |