Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barang tambang kelas XI IPS D2 MA Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro / Robby Amrullah Qhoris Mawardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barang tambang kelas XI IPS D2 MA Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro / Robby Amrullah Qhoris Mawardi

Mawardi, Robby Amrullah Qhoris (2015) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barang tambang kelas XI IPS D2 MA Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro / Robby Amrullah Qhoris Mawardi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mawardi Robby Amrullah Qhoris. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barang Tambang Kelas XI IPS D2 MA Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro. Thesis. Pendidikan Geogarfi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.Si (II) Dr. I Nyoman Ruja SU. Kata kunci Model Problem Based Learning hasil belajar geografi. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa di kelas XI IPS D2 MA Attanwir Talun 31 3% siswa mencapai KKM dan sebesar 68 7% belum mencapai KKM. Hal itu disebabkan kemampuan siswa dalammemecahkanmasalah masih rendah. Hanya 10 siswa atau 31% yang mampu memecahkan masalah dan 69 % atau 22 siswa belum mampu memecahkan masalah. Sebagian besarsiswa hanya dapat menyebutkan satu atau dua data. Siswabelummampumengkaitkan permasalahan yang adadalamsoaldenganpermasalahan dilingkungansekitarnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran tampak bahwa guru belum pernah menerapkan pembelajaran yang didasarkan pada suatu permasalahan yang ada di sekitar lingkungan siswa. Hal tersebut diduga dapat mengakibatkan hasil belajar yang rendah di kelas XI IPS D2 MA Attanwir Talun. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar tersebut perlu diterapkan model Problem Based Learning. Dalam model Problem Based Learningsiswa dituntut agar mampu (1) menentukan masalah (2) mengorganisasi siswa untuk belajar (3) penyelidikan (4) menyajikan hasil karya dan (5) mengevaluasi pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan menerapkan model Problem Based Learninguntukmeningkatkan hasil belajar geografi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS D2 MA Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS D2 MA Attanwir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test esay. Hasil pengukuran berupa data peningkatan hasil belajar yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan pengukuran hasil belajar siswa dari pra tindakan siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat 32% dengan rata-rata hasil belajar 60. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat 50% dengan rata-rata hasil belajar 78. Jadi dapat disimpulakna penggunaan model Problem Based Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS D2 MA Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro. Saran yang dapat diberikan bagi guru dan peneliti selanjutnya yaitu 1)Dalam pembelajaran geografi khususnya pada kelas XI IPS hendaknya guru geografi dapat menggunakan model Problem Based Learning karena dengan menggunakan model tersebut proses dah hasil belajar siswa dapat meningka. 2) Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan model Problem Based Learning. Terutamabagimateripelajaranyanjgsejenis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62292

Actions (login required)

View Item View Item