Pengaruh pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ramdan Afrian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ramdan Afrian

Afrian, Ramdan (2015) Pengaruh pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ramdan Afrian. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afrian Ramdan. 2014. Pengaruh Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Ach. Amiruddin M. Pd. Kata kunci Blended learning hasil belajar Pembelajaran Blended Learning merupakan sistem pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tradisional tatap muka dan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran Blended Learning menggunakan sumber belajar online dan beragam pilihan komunikasi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Pembelajaran Blended Learning memiliki potensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta memiliki nilai dalam memperbaiki pembelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Pembelajaran Blended Lear-ning terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Malang tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Malang yang terdiri dari 2 kelas. Peneliti menentukan kelas X IS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IS 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan pada pokok bahasan hidrologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest Postest Control Group Design. Instrumen pengukuran hasil belajar siswa menggunakan tes essay. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil posttest yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (70 20) memiliki hasil yang lebih baik daripada kelas kontrol (65.00). Rata-rata gain score kelas eksperimen adalah 42.20 dan rata-rata gain score untuk kelas kontrol menunjukkan angka 36 85. Hasil analisis data dengan menggunakan uji independent sample t test menunjukkan bahwa peng-gunaan pembelajaran Blended Learning diperoleh nilai probability (p-value) lebih kecil dari 0 05 (sig

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62290

Actions (login required)

View Item View Item