Penigkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN 01 Rejosari Kabupateng Tulungagung / Oknampia Putri Lestaritera - Repositori Universitas Negeri Malang

Penigkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN 01 Rejosari Kabupateng Tulungagung / Oknampia Putri Lestaritera

Lestaritera, Oknampia Putri (2016) Penigkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN 01 Rejosari Kabupateng Tulungagung / Oknampia Putri Lestaritera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Lestaritera Oknampia. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Rejosari Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. Kata kunci peningkatan keterampilan model picture and picture Observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran menulis narasi di kelas IV SDN 01 Rejosari Kabupaten Tulungagung diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran antara lain (1) proses pembelajaran kurang menarik (2) strategi pembelajaran yang diterapkan guru cenderung tetap yakni pengajaran konvensional (3) guru kurang kondusif dalam mengelola kelas dan kurang efektifnya penggunaan media pembelajaran (4) siswa masih mengalami kesulitan dalam mengeluarkan imajinasinya (5) penguasaan kosa kata siswa relatif masih kurang (6) siswa masih kesulitan dalam merangkai menjadi kalimat yang runtut. Hal ini berdampak pada hasil karangan siswa didapatkan hasil bahwa 17 siswa mendapat nilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Picture And Picture dan peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di SDN 01 Rejosari Kabupaten Tulungagung melalui model Picture And Picture. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang msing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan model Picture And Picture menulis narasi diperoleh persentse hasil keterampilan menulis narasi siswa meningkat dari tahap pratindakan siklus I dan siklus II. Pada siklus I pertemuan I aktivitas guru memperoleh 92% dan pertemuan II memperoleh 94% dengan klasifikasi sangat baik. Pada siklus II pertemuan I aktivitas guru memperoleh 94% dan pertemuan II memperoleh 96% dengan klasifikasi sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh 65 3% pada pertemuan II memperoleh 69 2% dengan klasifikasi cukup. Pada siklus II pertemuan I memperoleh 85% dan pertemuan II memperoleh 100% dengan klasifikasi sangat baik. Untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh 80 7% pada pertemuan II memperoleh 84 6% dengan klasifikasi baik. Pada siklus II pertemuan I memperoleh 88 8% pada pertemuan II memperoleh 100% dengan klasifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa penerapan model Picture And Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menggunakan model Picture And Picture pada pembelajaran bahasa Indonesia supaya dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa di SDN 01 Rejosari Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6229

Actions (login required)

View Item View Item