Kurniawati, Dwi (2014) Pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Dwi Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurniawati Dwi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (II) Dr. Achmad Amirudin M.Pd. Kata kunci model pembelajaran Learning Cycle hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Learning Cycle merupakan rangkaian tahap-tahap belajar yang diberikan kepada siswa agar dapat menguasai kompetensi dengan berperanan aktif. Dengan Learning Cycle siswa mendapat beberapa pengalaman baru diantaranya dapat me-ngembangkan keterampilan proses memiliki kesempatan melakukan percobaan dan belajar menjadi bermakna. Learning Cycle memiliki beberapa keunggulan antara lain (1) meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa dilibatkan seca-ra langsung sehingga siswa aktif dalam pembelajaran (2) membantu mengem-bangkan sikap ilmiah siswa (3) melatih siswa menemukan konsep melalui ke-giatan eksperimen. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X IPS SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Subjek penelitian berjumlah 53 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar geografi dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle memiliki rata-rata nilai lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan siklus belajar. Rata-rata hasil belajar (gain score) siswa pada kelas eksperimen sebesar 35 93 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 24 81. Hasil uji statistik yang diterapkan dalam penelitian ini diperoleh t hitung sebesar 3 980 dengan proba-bilitas (sig.) yaitu 0 000. Merujuk pada hasil analisis data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X IPS SMA Negeri 8 Malang. 12288 12288 12288 12288 Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut maka dikemukakan saran yakni guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle. Bagi peneliti lanjutan disarankan mengembangkan model pembelajaran Learning Cycle dengan mengujicobakan kombinasi model dan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat dari model pembelajaran Learning Cycle.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |