Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Geografi / Nila Restu Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Geografi / Nila Restu Wardani

Wardani, Nila Restu (2014) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Geografi / Nila Restu Wardani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardani Nila Restu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. A. Fatchan M.Pd M.Si . Pembimbing (2) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D Kata Kunci model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menjadikan mahasiswa terlibat aktif dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Setiap mahasiswa dalam kelompok berpendapat berdiskusi dan berargumentasi. Kerjasama sangat diperlukan dalam model pembelajaran PBL untuk memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini yakni menguji pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Geografi. Subjek penelitian yakni mahasiswa S1 Pendidikan Geografi yang menempuh mata kuliah Geografi Pengembangan Wilayah semester genap 2013/2014 di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Kelas L dengan jumlah 45 mahasiswa sebagai kelas eksperimen kelas K dengan jumlah 37 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Pemilihan kedua kelas dikarenakan memiliki kemampuan yang homogen. Penelitian ini berupa eksperimen semu dengan rancangan non equivalent control group. Kelas eksperimen dan kontrol mengikuti pretest dan posttest untuk mengetahui selisih skor (gain score) yang kemudian dianalisis dengan uji-t. Instrumen tes yang digunakan yakni empat soal esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Gain score kelas eksperimen yaitu 24 05 dan control 11 14. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh p-level kurang dari 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62287

Actions (login required)

View Item View Item