Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ulfi Andrian Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ulfi Andrian Sari

Sari, Ulfi Andrian (2014) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ulfi Andrian Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari U.A. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciproal Teaching terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M. Pd. M.P. (II) Drs. I Komang Astina M.S. Ph. D. Kata kunci pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching hasil belajar. Reciprocal Teaching (RT) merupakan salah satu pembelajaran konstruktivistik yang menekankan pada prinsip membuat rangkuman menyusun pertanyaan klarifi-kasi dan prediksi untuk memperbaiki pemahaman. Materi atmosfer dipilih untuk pembelajaran RT. Materi atmosfer banyak berisi konsep-konsep yang sulit dipahami. Pada materi ini siswa cenderung menghafal konsep-konsep dalam materi atmosfer. Materi atmosfer yang dihafalkan tidak bertahan lama diingatan siswa. Siswa mem-butuhkan pembelajaran RT untuk memahami materi atmosfer sehingga dapat mem-perbaiki hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe RT terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMA Ne- geri 1 Kademangan tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian kelas X.1 sebagai ke- las kontrol dan X.6 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Instrumen untuk mengukur hasil belajar me-nggunakan tes objektif pilihan ganda. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe RT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Pembelajaran RT berpengaruh positif terhadap hasil belajar diduga karena 1) siswa saling bekerja sa-ma saling membantu melalui kerja kelompok 2) siswa memiliki kemampuan mem-baca pemahaman 3) siswa membuat rangkuman tentang ide pokok yang ditemukan saat membaca materi pelajaran 4) siswa membuat pertanyaan yang belum mereka pahami saat membaca materi pelajaran 5) siswa mengklarifikasi jawaban yang buat oleh temannya 6) siswa membuat prediksi tentang sesuatu yang akan terjadi berda-sarkan data dan fakta. Saran yang diajukan bagi guru yaitu Guru dapat menggunakan kegiatan membaca merangkum membuat pertanyaan klarifikasi dan prediksi dalam pembe-lajaran RT karena terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Bagi peneliti selanjutnya yaitu 1) perlu dilakukan penelitian yang lebih akurat tentang efektivitas pembelajaran RT pada lokasi dan materi yang berbeda. 2) Perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan mengukur variabel lain seper-ti memecahkan masalah berpikir kritis berpikir kreatif dan kemampuan metakognisi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62286

Actions (login required)

View Item View Item