Peningkatan hasil belajar geografi menggunakan STAND pada siswa kelas XI-IPS 2 SMAN 1 Pringgasela Kabupaten Lombok Timur / Nurul Ikhwatika - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar geografi menggunakan STAND pada siswa kelas XI-IPS 2 SMAN 1 Pringgasela Kabupaten Lombok Timur / Nurul Ikhwatika

Ikhwatika, Nurul (2014) Peningkatan hasil belajar geografi menggunakan STAND pada siswa kelas XI-IPS 2 SMAN 1 Pringgasela Kabupaten Lombok Timur / Nurul Ikhwatika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ikhwatika Nurul. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Geografi Menggunakan STAD pada Siswa Kelas XI-IPS 2 SMAN 1 Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Dr. Achmad Amirudin M.Pd. Kata kunci Hasil Belajar Students Team Achievement Division (STAD). Terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran geografi di kelas XI-IPS 2 SMAN 1 Pringgasela. Salah satu permasalahan tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara singkat dengan beberapa siswa diketahui masalah tersebut disebabkan oleh (1) siswa merasa bosan (2) siswa sering belajar sendiri (3) sumber belajar sangat kurang dan (4) siswa tidak siap menghadapi pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar diterapkan model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD). Model ini dipilih karena STAD mudah diterapkan oleh guru. Ada asistensi untuk teman sebaya pada saat kerja kelompok. Pada bagian akhir pembelajaran terdapat penghargaan atau rekognisi yang mendorong siswa untuk lebih aktif dan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS 2 SMAN 1 Pringgasela dengan menerapkan model pembelajaran STAD. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan selama 3 x 45 menit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 2 sebanyak 36 siswa yang terdiri atas 16 laki-laki dan 20 perempuan. Data penelitian ini berupa skor hasil belajar siswa. Skor siswa didapatkan melalui tes individual pada setiap akhir siklus. Data tambahan penelitian juga didapatkan dari lembar keterlaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra tindakan nilai rata-rata kelas XI-IPS 2 adalah 71 83 dengan ketuntasan klasikal hanya 52 77%. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 75 00 % dengan nilai rata-rata kelas 71 11. Pada siklus II ketuntasan klasikal siswa meningkat menjadi 88 89% dengan rata-rata kelas 75 75. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah tuntas belajarnya karena sudah mencapai standar minimal ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan oleh Depdiknas yaitu 8805 85 % siswa di dalam kelas mencapai daya serap 8805 75 (KKM 8805 75). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Beberapa saran disampaikan berkaitan dengan penerapan STAD sebagai berikut (1) alokasi waktu harus diatur dengan efisien (2) guru harus memberikan penjelasan yang detail dan rinci mengenai sintaks-sintaks dalam STAD dan (3) peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam menggunakan STAD pada materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62285

Actions (login required)

View Item View Item