Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman mahasiswa dalam matakuliah geografi desa kota pada Prodi Pendidikan Geografi FKIP Unlam / Selamat Riadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman mahasiswa dalam matakuliah geografi desa kota pada Prodi Pendidikan Geografi FKIP Unlam / Selamat Riadi

Riadi, Selamat (2014) Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman mahasiswa dalam matakuliah geografi desa kota pada Prodi Pendidikan Geografi FKIP Unlam / Selamat Riadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riadi Selamat. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Mahasiswa dalam Matakuliah Geografi Desa Kota pada Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNLAM. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Budijanto M.S. Kata Kunci Reciprocal Teaching Pemahaman Reciprocal Teaching merupakan model pembelajaran yang pertama kali dikembangkan oleh Palincsar dan Brown pada tahun 1984 di University of Illinois USA. Model Reciprocal Teaching memiliki empat tahapan yaitu merangkum membuat pertanyaan memprediksi dan mengklarifikasi. Model Reciprocal Teaching memiliki kesesuaian apabila diterapkan dalam pem-belajaran matakuliah Geografi Desa Kota karena memiliki tahapan-tahapan yang mengarah pada kompetensi pemahaman dan sesuai dengan materi pada matakuliah tersebut memerlukan suatu pemahaman dalam pembelajarannya. Beberapa hasil penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa model Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap pemahaman mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group pretest-posttest Design. Jumlah subjek yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Data dalam penelitian ini adalah pretest posttest dan gain score pemahaman. Data gain score pemahaman dianalisis dengan uji-t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan selisih nilai pretest dan posttest rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 44 84 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 36 56. Hasil perhitungan analisis uji-t menggunakan independen sample t-test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62284

Actions (login required)

View Item View Item