Pengaruh model pembelajaran Resources Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA / Evi Mauliza - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Resources Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA / Evi Mauliza

Mauliza, Evi (2014) Pengaruh model pembelajaran Resources Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA / Evi Mauliza. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mauliza E. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Resources Based Learning (RBL) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Di SMA. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. I Nyoman Ruja SU. Kata kunci model pembelajaran Resources Based Learning (rbl) hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Resources Based Learning merupakan model pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dengan memberikan sejumlah sumber belajar secara langsung kepada siswa. Sumber belajar dapat berupa pesan manusia material peralatan teknik dan lingkungan. Langkah-langkah Resources Based Learning yaitu (1) goal (2) identify questions or problems (3) Plan how to seek info-mation from a source of learning (4) Using information of learning resources (5) Synthesize information from a source of learning (6) Evaluation. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh model pembelajaran Resources Based Learning terhadap hasil belajar siswa di SMA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Bluto Kabupaten Sumenep tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kesamaan rata-rata nilai rapor semester satu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Resources Based Learning. Instrumen pengukuran kemampuan hasil belajar siswa menggunakan tes essay. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis mengguna-kan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan selisih nilai pre test dan post test Rata-rata gain score kemampu-an hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisis data juga membuktikan bahwa model pembelajaran Resources Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Resources Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 1 Bluto. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan yaitu 1) Bagi guru dalam kompetensi dasar menganalisis dinamika litosfer disarankan menerapan model pembelajaran Resources Based Learning sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam penerapannya memperhatikan hal sebagai berikut (a) menguasai penggunaan setiap teknik dalam model pembelajaran Resources Based Learning (b) melibatkan siswa secara aktif memilih sendiri sumber belajar sedangkan guru sebagai fasilitator (c) memberikan pemahaman tentang model pembelajaran Resources Based Learning sebelum pelaksanaan pembelajaran (d) mengorganisasikan waktu (e) menerima semua ide gagasan dari siswa. 2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk (a) menguji pengaruh model pembelajaran Resources Based Learning pada lokasi jenjang pendidikan atau materi lain (b) mengintegrasikan atau membandingkan dengan model pembelajaran yang lain (c) menambah variabel lain seperti motivasi keaktifan kemampuan pemecahan masalah kreativitas dan lain-lain (d) menggunakan penelitian ini sebagai acuan dan bahan literatur untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62282

Actions (login required)

View Item View Item