Pengaruh model pembelajaran learning together terhadap hasil belajar mahasiswa / Cut Vita Rajiatul Jummi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning together terhadap hasil belajar mahasiswa / Cut Vita Rajiatul Jummi

Jummi, Cut Vita Rajiatul (2014) Pengaruh model pembelajaran learning together terhadap hasil belajar mahasiswa / Cut Vita Rajiatul Jummi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jummi C.V.R. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Together terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan M.P M. Pd. (II) Drs. I Komang Astina M. S Ph. D Kata kunci model pembelajaran learning together hasil belajar. Model pembelajaran Learning Together dikembangkan dengan tujuan mengajar-kan mahasiswa memiliki dua tanggung jawab yaitu belajar untuk dirinya sendiri dan membantu sesama anggota kelompok untuk belajar. Elemen utama Learning Together adalah interdepedensi positif yakni ketergantungan mahasiswa satu dengan yang lainnya untuk mencapai keberhasilan kelompok. Langkah-langkah Learning Together yaitu pen-yajian pelajaran pembentukan kelompok penyelesaian tugas secara individu dan meng-gabungkannya menjadi satu hasil kerja kelompok presentasi dan pemberian pengharga-an. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh model pembelajaran Learning To-gether terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian dilakukan di Program Studi S1 Pendi-dikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan pada mata kuliah geografi industri. Dua kelas diambil sebagai subjek berdasarkan kesamaan nilai rata-rata ujian tengah semester mahasiswa pa-da mata kuliah geografi ekonomi. Offering B angkatan 2011 diambil sebagai kelas eks-perimen dan offe-ring A sebagai kelas kontrol. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain non-equivalent control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar mahasiswa dan variabel bebasnya yaitu model pembelaja-ran Learning Together. Instrumen yang digunakan adalah tes esai. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Together ber-pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan selisih nilai post test dan pre test rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan ke-las kontrol. Hasil ini membuktikan bahwa model pembelajaran Learning Together ber-pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Saran yang dapat diberikan bagi dosen dan peneliti selanjutnya yaitu 1) Bagi para dosen disarankan menampilkan interdependensi positif yakni ketergantungan mahasiswa satu dengan yang lainnya untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. 2) Bagi peneliti se-lanjutnya disarankan untuk melakukan eksperimen lanjutan tentang pengaruh model pem-belajaran Learning Together terhadap variabel lain serta pada materi lokasi dan jenjang pendidikan yang berbeda. Selain itu dapat juga mengintegrasikan atau membandingkan dengan model pembelajaran Learning Together dengan model pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62281

Actions (login required)

View Item View Item