Pengembangan multimedia interaktif materi vulkanisme untuk SMA kelas X / Ayu Suciani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif materi vulkanisme untuk SMA kelas X / Ayu Suciani

Suciani, Ayu (2014) Pengembangan multimedia interaktif materi vulkanisme untuk SMA kelas X / Ayu Suciani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suciani Ayu 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Vulkanisme untuk SMA Kelas X.Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata kunci pengembangan multimedia interaktif vulkanisme Pengembangan multimedia sebagai bahan ajar materi vulkanisme sangat dibutuhkan. Materi vulkanisme memiliki konsep kongkrit dan abstrak yang membutuhkan penyajian media gambar video animasi peta suara dan teks. Multimedia interaktif dapat mendukung proses pembelajaran materi vulkanisme di sekolah. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar multimedia interaktif mata pelajaran geografi berupa CD (Compact Disk) untuk materi vulkanisme SMA kelas X. Pengembangan multimedia menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) studi pendahuluan (2) pengembangan produk dan (3) uji produk. Penelitian pengembangan ini berbasis komputer dengan menggunakan Software Autoplay Media 8 untuk mendesain dan mengatur multimedia vulkanisme. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa aplikasi multimedia pembelajaran interaktif materi vulkanisme pada mata pelajaran geografi untuk SMA kelas X. Tahap validasi dilakukan untuk menguji kelayakan produk sebelum diuji cobakan di lapangan. Uji coba lapangan dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014 di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang kelas X IPS 3. Hasil uji coba lapangan dengan lima indikator menunjukkan hasil presentase kelayakan produk sebesar 90 45% dan guru 81 57%. Skor dalam uji pemahaman materi sebesar 83 21% dan 83 42%. Hasil tersebut menunjukkan hasil pengembangan produk sudah baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Revisi dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi ahli media ahli materi dan ahli bahasa serta masukan dari siswa. Disarankan adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan produk multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62280

Actions (login required)

View Item View Item