Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar geografi SMA / Meta Nelya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar geografi SMA / Meta Nelya

Nelya, Meta (2014) Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar geografi SMA / Meta Nelya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nelya Meta. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Bela-jar Geografi SMA. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata kunci Model Pembelajaran Jigsaw Hasil Belajar Geografi. Jigsaw adalah salah satu variasi diskusi kelas yang dirancang untuk mena-ngani kompetisi siswa yang kurang sehat dalam memecahkan masalah secara kreatif. Model ini dapat mendorong siswa aktif dalam menguasai materi dan men-capai prestasi yang maksimal. Pembelajaran dengan Jigsaw dapat memotivasi sis-wa untuk belajar geografi. Model pembelajaran Jigsaw memiliki beberapa keung-gulan dalam kelompok asal dan kelompok ahli antara lain (1) siswa memiliki ba-nyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan mengolah informasi yang didapat serta dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan sikap sosial (2) mengembangkan sikap kepemimpinan dan tanggung jawab (3) mengem-bangkan sikap siswa untuk bekerja sama dalam memperoleh pengetahuan baru. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar geografi SMA. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar geografi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw dan siswa yang belajar dengan metode ceramah dan diskusi. Untuk menguji hipotesis tersebut penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan ekperimen semu dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Hasil belajar geografi sebagai variabel terikat dan model pembela-jaran jigsaw sebagai variabel bebas. Instrumen pengukuran hasil belajar siswa menggunakan tes essai. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Rata-rata gain score hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 4 75 dibandingkan dengan kelas kon-trol dengan skor 2 60. Hasil perhitungan analisis uji t menggunakan independen sample t test di-peroleh data p-level lebih kecil dari 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62278

Actions (login required)

View Item View Item