Pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi di SMA / Dewi Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi di SMA / Dewi Nur Azizah

Azizah, Dewi Nur (2014) Pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi di SMA / Dewi Nur Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azizah Dewi Nur. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan M.Pd M.P (II) Dr. Ach. Amirudin. M.Pd. Kata Kunci Model STAD Gaya Belajar Hasil Belajar. STAD merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu dalam menguasai kemampuan. Selain model pembelajaran faktor lain yang dapat mempengaruhi perolehan hasil belajar adalah karakteristik siswa. Dalam hal ini gaya belajar sebagai salah satu karakteristik siswa diduga juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Untuk mencapai tujuan ini dirumuskan hipotesis (1) model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar (2) gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar (3) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran STAD dengan gaya belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain faktorial 2 x 3. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas kontrol dan kelas X4 sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari (1) variabel terikat hasil belajar siswa (2) variabel bebas model pembelajaran STAD dan (3) variabel moderator gaya belajar. Hasil belajar siswa diukur menggunakan tes dan gaya belajar menggunakan angket. Data hasil pengukuran tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan Anova Dua Jalur dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil analisis menggunakan anova dua jalur menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar (2) gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan (3) tidak berpengaruh interaksi model pembelajaran STAD dengan gaya belajar terhadap hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar (2) gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan (3) tidak berpengaruh interaksi model pembelajaran STAD dengan gaya belajar terhadap hasil belajar. Disarankan bagi guru geografi untuk dapat menerapkan model pembelajaran STAD pada materi litosfer dan lebih memperhatikan gaya belajar siswa karena memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini perlu diimplikasikan pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62277

Actions (login required)

View Item View Item