Penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati Pasuruan / Venti Ershanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati Pasuruan / Venti Ershanti

Ershanti, Venti (2014) Penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati Pasuruan / Venti Ershanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ershanti Venti. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati Pasuruan. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Dr. Budijanto M. Sos. Kata kunci Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching hasil belajar geografi. Kondisi riil berdasarkan pengamatan dan analisis selama mengajar mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati Pasuruan ditemukan masalah hasil belajar terdapat 17 dari 20 anak atau 85% nilainya di bawah KKM (75). Hasil belajar rendah dipengaruhi kurangnya kebiasaan membaca dalam belajar. Kurangnya kebiasaan membaca dalam belajar dapat diatasi dengan menerapkan strategi pembelajaran Reciprocal teaching. Reciprocal teaching merupakan salah satu pembelajaran yang dirancang untuk pemahaman bacaan dengan baik yang didasarkan pada pendekatan kontruktivisme dengan menggunakan prinsip menyusun pertanyaan memprediksi jawaban mengklarifikasi dan merangkum sari bacaan. Penelitian ini bertujuan menerapkan strategi pembelajaran Reciprocal Teach-ing terhadap hasil belajar geografi. Penelitian dilakukan di kelas XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati Pasuruan tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah siswa XI IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) Instrumen pengukuran hasil belajar siswa menggunakan tes essay. Hasil pengukuran berupa data peningkatan hasil belajar yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan pengukuran hasil belajar siswa mulai dari pra tindakan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat 25% dengan rata-rata hasil belajar 60. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat 45% dengan rata-rata hasil belajar 75 75. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati Pasuruan. Saran yang dapat diberikan bagi guru dan peneliti selanjutnya yaitu 1) bagi guru disarankan untuk menggunakan strategi reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang bergantung pada kebiasaan membaca. Akan tetapi pada penelitian ini masih terdapat siswa yang nilainya sangat kurang. Oleh sebab itu dapat ditindaklanjuti tindakan sampai tidak ada siswa yang nilainya sangat kurang. Selain itu lebih memperhatikan pengaturan waktu dalam kegiatan summarizing dan tetap mengontrol siswa dalam kegiatan questioning dan clarifying. 2) bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran reciprocal teaching dalam pembelajaran geografi dengan materi atau mata pelajaran yang lain. Akan tetapi sebelum menggunakan strategi reciprocal teaching perlu memperhatikan materi kompetensi yang harus dicapai karakter dan kemampuan siswa. Hal tersebut disebabkan strategi reciprocal teaching cocok untuk siswa berkemampuan rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62276

Actions (login required)

View Item View Item