Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar geografi SMA / M. Verdi Fahrudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar geografi SMA / M. Verdi Fahrudin

Fahrudin, M. Verdi (2014) Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar geografi SMA / M. Verdi Fahrudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fahrudin M. Verdi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Geografi SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Dr. Budijanto M.Sos. Kata Kunci model pembelajaran STAD hasil belajar geografi 12288 12288 12288 12288 STAD adalah model pembelajaran kooperatif di mana siswa berkelompok dengan anggota lima orang berdasarkan kemampuan akademik yang berbeda. Gagasan utama model pembelajaran ini yakni untuk memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu dalam menguasai kemampuan yang diajarkan oleh guru. Kelebihan model ini yaitu 1) dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan siswa lain 2) siswa dapat menguasai pelajaran yang disampaikan 3) dalam pembelajaran siswa saling ketergantungan positif 4) setiap siswa dapat saling mengisi satu sama lain dan 5) siswa di-reward atas performa kelompok yang dengan demikian dapat mendorong kerja sama kelompok. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar geografi SMA. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Assa adah pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah kelas X.7 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelompok kontrol. Selisih dari posttest dengan pretest yang disebut gain score yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yakni independent samples test. Analisis menggunakan bantuan program SPSS 15.0 for windows evaluation version. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis uji-t menggunakan independent samples test diperoleh p-level lebih kecil 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62275

Actions (login required)

View Item View Item