Efendi, Muhammad (2014) Pengaruh model pembelajaran latihan penelitian terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Muhammad Efendi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Efendi Muhammad. 2014. Pengaruh Pembelajaran Latihan Penelitian Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (2) Dr. I Nyoman Ruja SU Kata Kunci model latihan penelitian hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran latihan penelitian terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hidrosfer. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu Nonequivalent Control Group Design. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Barabai yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan nilai UAS siswa pada semester I. Pada kelas ekperimen diterapkan model pembelajaran latihan penelitian dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran yang biasa dipakai oleh guru di sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar sebanyak 5 soal dalam bentuk tes esai. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pretes dan posttes kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah dilakukan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai posttes siswa kelas eksperimen adalah 38 95 dan kelas kontrol adalah 54 04 dengan skor tertinggi 85. Setelah dilakukan model pembelajaran latihan penelitian pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol rata-rata post-test kelas ekperimen adalah 79 59 dan kelas kontrol adalah 75 87 dengan skor tertinggi 95. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 12288 12288 12288 12288 Rata-rata gain score dengan pengukuran tes esai untuk kelas ekperimen sebesar 40 64 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 21 83. Data menunjukkan bahwa gain score kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis t-test soal esai diketahui t 3.962 f 3.357 dan signifikansi 2 ekor yaitu 0 00 lebih kecil dari 945 0 05. Kelas eksperimen memiliki mean 40.6364 dan standar deviasi 17.73226 lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang memiliki mean 21.8261 dengan standar deviasi 13.97287. Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model latihan Penelitian yang diuji dengan tes soal esai berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Disarankan bagi guru yang menggunakan model latihan penelitian dalam pembelajaran agar menggunakan waktu dengan baik sesuai perencanaan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan membimbing siswa dengan cara aktif bertanya kepada siswa tentang kendala yang dihadapi dan Bagi peneliti selanjutnya disarankan 1) agar teliti dalam memilih contoh kejadian yang senjang (crepant event) 2) contoh yang dipilih hendaknya sederhana dan tidak rumit 3) perlu penelitian lanjutan dengan menggunakan variabel yang sama tetapi dengan lokasi jenjang pendidikan dan materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |