Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Pasuruan / Ratri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Pasuruan / Ratri Wulandari

Wulandari, Ratri (2014) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Pasuruan / Ratri Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Ratri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Pasuruan. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M. Si. (II) Dr. Budijanto M. Sos. Kata kunci model pembelajaran inkuiri terbimbing hasil belajar Pada kegiatan pembelajaran pemilihan model pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan kegiatan belajar di kelas. Pemilihan model pembelajaran sangat tergantung pada kemampuan guru dalam merancang kegiatan belajar. Pembelelajaran dengan menerapkan model inkuiri terbimbing merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa lebih banyak dilibatkan pada aktivitas belajar yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap anak terhadap materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuam untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X pada materi pedosfer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan rancangan pada penelitian ini adalah Nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen (X-2) dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol (X-1) dengan penerapan metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Intrumen yang digunakan pada penleitian ini yaitu soal esai sebanyak 5 butir soal. Validasi instrumen dinilai oleh ahli materi pedosfer dan ahli pembelajaran geografi. Hasil reliabilitas instrumen yang diukur dengan menggunakan uji statistic Cronbach s Alpha diperoleh hasil 0 846 dengan kesimpulan sangat reliabel. Sedangkan hasil validitas intrumen yang dihitung dengan menggunakan uji statistik diperoleh hasil empat item butir soal dengan kriteria sangat valid dan satu item butir soal dengan kriteria valid. Data hasil belajar di analisis dengan menggunakan analisis uji t-test diperoleh hasil 945 0 000 dengan keputusan Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan metode ceramah (2) model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMA pada mata pelajaran geografi kelas X pada materi pedosfer. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data rata-rata gain score pada kelas eksperimen 36 5 sedangkan rata-rata gain score pada kelas kontrol 29 19. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa siswa yang berada pada kelas eksperimen memperoleh hasil gain score lebih tinggi daripada siswa yang berada pada kelas kontrol. Hal ini karena penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas eksperimen. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini antara lain 1) Bagi guru pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa 2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap variabel lain dan diterapkan pada lokasi jenjang pendidikan dan materi lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62273

Actions (login required)

View Item View Item