Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar geografi SMA Negeri 1 Banjarbaru / Restu Ulfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar geografi SMA Negeri 1 Banjarbaru / Restu Ulfah

Ulfah, Restu (2014) Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar geografi SMA Negeri 1 Banjarbaru / Restu Ulfah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulfah Restu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 1 Banjarbaru. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Achmad Amirudin M. Pd. Kata kunci model pembelajaran Group Investigation (GI) hasil belajar. Group Investigation adalah bentuk pengajaran pada kelompok kecil untuk menangani persaingan siswa yang memiliki latar belakang ras yang berbeda. Model ini dapat memfasilitasi siswa belajar secara aktif dalam menguasai materi dan mencapai hasil belajar melalui pembelajaran berkelompok. Model pembelajaran GI memiliki beberapa keunggulan antara lain (1) memungkinkan siswa menggunakan keterampilan inkuiri (2) memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih intensif meneliti (mencari dan menemukan) pemecahan suatu permasalahan (3) mengembangkan kepemimpinan siswa dan terampil berdiskusi serta bekerja dalam kelompok (4) siswa menjadi lebih aktif terlibat dalam belajar baik secara mandiri maupun partisipasi lebih bebas dalam berdiskusi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Banjarbaru tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemiripan nilai rata-rata ujian akhir semester. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Group Investigation. Instrumen pengukuran hasil belajar siswa menggunakan tes essay. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Rata-rata gain score hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 2 76 dan kelas kontrol dengan skor 1 29. Hasil analisis uji t menggunakan independen sample t test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62272

Actions (login required)

View Item View Item