Pengaruh strategi pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan dan intelligence quotient terhadap kemampuan pemahaman geogeafi siswa SMA / Ika Meviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan dan intelligence quotient terhadap kemampuan pemahaman geogeafi siswa SMA / Ika Meviana

Meviana, Ika (2014) Pengaruh strategi pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan dan intelligence quotient terhadap kemampuan pemahaman geogeafi siswa SMA / Ika Meviana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meviana Ika. 2014. Pengaruh Strategi Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan dan Intelligence Quotient terhadap Kemampuan Pemahaman Geografi Siswa SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Drs. I Komang Astina M.S. Ph.D. Kata kunci strategi pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan kemampuan pemahaman Intelligent Quotient (IQ) 12288 12288 12288 12288 Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) merupakan strategi pembelajaran yang berusaha memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Ke-mampuan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman. Pemahaman terhadap pelajaran dipengaruhi oleh Intelligent Quotient (IQ). Siswa yang berintelegensi tinggi akan lebih mudah memahami materi daripada mereka yang berintelegensi rendah. 12288 12288 12288 12288 Tujuan utama dalam penelitian ini untuk menemukan dan mengungkap pengaruh strategi Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan terhadap kemam-puan pemahaman geografi siswa SMA Negeri 2 Blitar. Selain itu penelitian ini juga dimaksudkan untuk menguji apakah Intelligent Quotient (IQ) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman siswa dan menguji apakah ada interaksi antara strategi PBMP dan IQ terhadap kemampuan pemahaman siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian kelas XI IS. 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IS. 5 sebagai kelas kontrol. Penetapan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara mengundi kedua kelas tersebut. Kelas eksperimen dengan menggunakan strategi PBMP sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian berupa tes esai untuk pretes dan postes. Analisis data digunakan two way anova yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data penggunaan strategi PBMP berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman geografi siswa. IQ berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman geografi siswa. Interaksi Strategi PBMP dan IQ tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman geografi siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji hipotesis yang sekaligus merupakan temuan peneli-tian ini diajukan saran yaitu (1) Bagi guru geografi menggunakan skor IQ dari tiap anak untuk membuat perencanaan pembelajaran (2) Bagi sekolah mengukur tes kemampuaan siswa dengan mengadakan tes IQ dan tes bakat pada awal penerimaan siswa baru dengan tujuan mendapatkan gambaran akan IQ dan bakat siswa (3) Bagi penelliti selanjutnya dapat menggunakan PBMP untuk menguji lebih lanjut kemampuan PBMP dalam mempengaruhi variable Y yang lain misalnya hasil belajar motivasi minat keaktifan kemampuan berpikir kritis dan metakognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62270

Actions (login required)

View Item View Item