Yulianti, Fitriani (2014) Pengaruh model Student Team Achievement Diviusion (STAD) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Fitriani Yulianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yulianti Fitriani. 2014. Pengaruh Model Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan M.Pd MP (II) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D. Kata Kunci Model STAD Hasil Belajar. Pembelajaran STAD menekankan pada kerja sama dalam kelompok belajar. Siswa yang berkemampuan tinggi berperan sebagai tutor sebaya dalam kelompok yang heterogen untuk mencapai hasil belajar. Model pembelajaran STAD mengajarkan tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok. Pada model pembelajaran STAD anggota kelompok berasal dari tingkat kemampuan akademik yang berbeda-beda. Pada penelitian ini model STAD digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 12 Banda Aceh. Rancangan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Variable terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan variable bebasnya model pembelajaran STAD. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol X1 dan kelas eksperimen X2. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan rata-rata nilai ujian akhir semester yang mendekati sama. Instrumen pengukuran hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan ganda. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data gain score hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi 47 62 dan kelas kontrol 26 25. Hasil uji t menggunakan independen sample t test diperoleh data p-level lebih kecil dari 0 05 (p
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62269 |
Actions (login required)
View Item |