Peningkatan hasil belajara kelas VIII SMP IT Pelita Probolinggo melalui penggunaan chart pada pembelajaran IPS / Lativa Qurrotaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajara kelas VIII SMP IT Pelita Probolinggo melalui penggunaan chart pada pembelajaran IPS / Lativa Qurrotaini

Qurrotaini, Lativa (2014) Peningkatan hasil belajara kelas VIII SMP IT Pelita Probolinggo melalui penggunaan chart pada pembelajaran IPS / Lativa Qurrotaini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Qurrotaini Lativa. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Kelas VIII SMP IT Pelita Probolinggo melalui Penggunaan Chart pada Pembelajaran IPS. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Chart Hasil belajar 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa kelas VIII merupakan salah satu kelas yang nilai inputnya tergolong siswa yang pandai. Hal ini dibuktikan dengan tingginya rata-rata nilai UAN mereka dari SD sebesar 2 5 dan rata-rata nilai tes masuk SMP lebih tinggi daripada kelas lainnya sebesar 8 2. Namun pada kenyataannya hasil belajar dalam pembelajaran IPS beberapa siswa masih tergolong rendah diperoleh informasi dari 32 siswa kelas VIII semester gasal tahun ajaran 2013-2014 hanya 12 siswa yang memperoleh nilai 8805 70. Kelas VIII memiliki permasalahan dengan hasil belajar yang perlu untuk segera diatasi karena banyak siswa yang belum mencapai KKM. Dapat dibuktikan dengan adanya rata-rata nilai tes siswa yang di bawah KKM. Didapatkan data rata-rata hasil belajar siswa sebesar 55. Ketuntasan belajar secara klasikal juga belum terpenuhi karena hanya 40% siswa dalam kelas yang tuntas dari 85% yang disyaratkan. Solusi untuk memecahkan permasalahan pembelajaran IPS yang ada di kelas VIII SMP IT Pelita Probolinggo adalah pembelajaran dengan menggunakan Chart (bagan). 12288 12288 12288 12288 Chart merupakan pembelajaran yang telah berhasil dan banyak digunakan dalam penelitian pendidikan. Pembelajaran ini merupakan upaya pembelajaran yang melatih mereka untuk mengkonstruk sendiri materi yang mereka peroleh menjadi sebuah bagan. Dalam bagan tersebut memuat materi yang mengkaitkan antara sub materi yang satu dan yang lain dengan bantuan label sebagai penghubung sehingga menjadi sebuah proposisi yang bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran melalui penggunaan Chart dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII SMP IT Pelita Probolinggo. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP IT Pelita Probolinggo dengan jumlah siswa 32 orang pada Standar Kompetensi memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk dengan Kompetensi Dasar mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya. 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh dari skor pra tindakan setelah Siklus 1 dan setelah siklus 2 serta ketuntasan belajar klasikal pada masing-masing siklus. Data ini kemudian dianalisis dengan membandingkan rata-rata nilai pra tindakan siklus I dan Siklus II. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan format catatan lapangan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP IT Pelita Probolinggo. Rata-rata nilai sebelum tindakan adalah 55 mengalami peningkatan pada Siklus 1 menjadi 65 53 dan meningkat lagi pada Siklus 1I menjadi 75. Ketuntasan belajar klasikal sebelum tindakan adalah sebesar 40% meningkat pada Siklus 1 menjadi 56 25 % dan meningkat lagi pada Siklus 1I menjadi 93 75 %. Berdasarkan kesimpulan tersebut saran yang dapat dijadikan pertimbangan adalah (1) bagi guru penggunaan Chart ini sebaiknya memerlukan pengaturan waktu yang tepat agar siswa menghasilkan Chart yang baik. Pembelajaran menggunakan Chart memerlukan interaksi yang baik antara guru dan siswa (2) bagi peneliti lanjut dapat menggunakan alat bantu belajar berupa Chart dengan subjek yang berbeda guna peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62268

Actions (login required)

View Item View Item