Pengembangan bahan ajar perubahan iklim model R.B. Bunnett untuk Sekolah Menengah Atas di Fiji / Ravinesh Rohit Prasad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar perubahan iklim model R.B. Bunnett untuk Sekolah Menengah Atas di Fiji / Ravinesh Rohit Prasad

Prasad, Ravinesh Rohit (2014) Pengembangan bahan ajar perubahan iklim model R.B. Bunnett untuk Sekolah Menengah Atas di Fiji / Ravinesh Rohit Prasad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasad Ravinesh Rohit. Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Iklim Model R.B. Bunnett untuk Sekolah Menengah Atas di Fiji. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Achmad Fatchan M.Si. M.P. (2) Drs. I. Komang Astina M.S. Ph.D Kata kunci Pengembangan bahan ajar perubahan iklim pembelajaran model buku teks geografi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Model R.B. Bunnett Fiji tentang perubahan iklim pada mata pelajaran Geografi siswa kelas lima di Nukuloa College Ba Fiji. Bahan ajar tersebut perlu dikembangkan karena bahan ajar yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Desain penelitian ini Research and Development (R D) yang diadaptasi dari pengembangan yang diusulkan oleh Borg and Gall. Pengembangan tersebut meliputi analisis ke-butuhan pengembangan produk validasi ahli dan guru revisi produk uji coba revisi akhir dan produk akhir. Subyek penelitian adalah sepuluh siswa dari kelas lima di Nukuloa College Ba Fiji. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner wawancara dokumen tertulis dan likert scale. Dalam melaksanakan penilaian ke-butuhan guru diwawancarai dan kuesioner dibagikan kepada siswa sedangkan penilaian ahli dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada ahli. Kuesioner juga diberikan kepada siswa setelah dilakukan uji coba bahan. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa memerlukan bahan ajar yang lebih spesifik dan memiliki gambar-gambar berwarna serta foto agar me-mpermudah siswa dalam memahami konsep dalam materi. Berdasarkan data dari validator materi yang dikembangkan masih perlu diperbaiki. Materi yang di-kembangkan diberi skor 90% oleh validator konten yang berarti materi yang di-kembangkan cukup baik untuk diujicobakan di sekolah menengah atas di Fiji . Hasil penelitian menunjukkan siswa tertarik pada topik ini karena isu perubahan iklim telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Selain itu hasil dari kuesioner menunjukkan sebagian besar siswa menyatakan bahwa materi yang dikembangkan sangat berguna. Berdasarkan hasil uji coba beberapa revisi di-lakukan untuk meningkatkan kualitas bahan-bahan untuk menyesuaikan ke-butuhan siswa. Hasil uji coba penerapan bahan ajar menyarankan bahwa materi yang dikembangkan 92 % sesuai untuk digunakan sebagai sumber pengajaran bagi siswa kelas lima di sekolah menengah atas di Fiji. Produk akhir berbentuk bahan ajar yang berisi empat bab. Spesifikasi produk yang dihasilkan yakni buku teks geografi dengan judul Climate change- causes impacts and solutions. Buku teks berisi data fakta konsep konkrit dan abstrak yang kontekstual serta di-lengkapi dengan lembar kegiatan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62265

Actions (login required)

View Item View Item