Pengembangan modul geografi model Depdiknas berbasis kearifan lokal Bali pada kompetensi inti pengetahuan tentang lingkungan hidup SMA/MA kelas XI / I Gede Ade Putra Adnyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul geografi model Depdiknas berbasis kearifan lokal Bali pada kompetensi inti pengetahuan tentang lingkungan hidup SMA/MA kelas XI / I Gede Ade Putra Adnyana

Adnyana, I Gede Ade Putra (2014) Pengembangan modul geografi model Depdiknas berbasis kearifan lokal Bali pada kompetensi inti pengetahuan tentang lingkungan hidup SMA/MA kelas XI / I Gede Ade Putra Adnyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adnyana I Gede Ade Putra. 2014. Pengembangan Modul Geografi Model Depdiknas Berbasis Kearifan Lokal Bali pada Kompetensi Inti Pengetahuan Tentang Lingkungan Hidup SMA/MA Kelas XI. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci Modul Geografi Model Depdiknas Kearifan Lokal Bali 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Geografi Model Depdiknas Berbasis Kearifan Lokal Bali pada Kompetensi Inti Pengetahuan Tentang Lingkungan Hidup SMA/MA Kelas XI. Modul terdiri dari tiga set Modul 1 tentang perilaku peduli Modul 2 tentang sikap responsif mencegah dan mengatasi permasalahan dan Modul 3 tentang sikap tanggung jawab melestarikan permasalahan lingkungan hidup. Modul dikembangkan berdasarkan permasalahan lingkungan yang tidak sesuai dengan kearifan lokal. Pengembangan juga berdasarkan keterbatasan bahan ajar yang sesuai dengan budaya dan lingkungan siswa dan kelemahan buku teks yang digunakan. Kearifan lokal yang diintegrasikan ke dalam materi termasuk dalam pendekatan human welfare ecologi. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural Dick and Carey. Model tersebut dimodifikasi berdasarkan kebutuhan pengembangan sehingga langkah-langkah pengembangannya antara lain 1) analisis kebutuhan 2) analisis materi 3) penulisan bahan ajar 4) validasi ahli dan uji coba dan 5) revisi. Uji coba dilakukan setelah modul divalidasi oleh ahli isi/materi tentang lingkungan hidup dan kearifan lokal Bali ahli bahasa Indonesia dan ahli Teknologi Pembelajaran. Uji coba modul terdiri dari uji coba kelompok kecil dan besar di SMA Lab Undiksha Singaraja dan SMA N 4 Singaraja. Jumlah subjek uji coba kelompok kecil terdiri dari 15 siswa sedangkan kelompok besar 30 siswa. Data uji coba diolah menggunakan analisis deskriptif. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan. Kelayakan tersebut nampak dari data kuantitatif dan kualitatif validasi ahli dan uji coba. Berdasarkan data validasi ahli tanggapan guru dan tanggapan siswa pada uji coba modul sudah termasuk dalam kategori sangat efisien. Keefisienan modul juga nampak dari hasil tes dan revisi modul yang telah dilakukan. Revisi dilakukan tiga kali. Revisi pertama berdasarkan data validasi ahli revisi kedua berdasarkan data uji coba kelompok kecil dan revisi ketiga berdasarkan data uji coba kelompok besar. Perbaikan pada revisi pertama meliputi isi materi kalimat kosa kata paragraf desain sampul dan isi modul. Perbaikan pada revisi kedua meliputi kajian terhadap isi materi dan ditambahkan petunjuk penilaian pada lembar jawaban evaluasi tiap modul. Sedangkan perbaikan pada revisi ketiga meliputi soal evaluasi pada Modul 2 ditambahkan atau direvisi agar mudah dipahami pada halaman sampul ditambahkan kolom identitas siswa dan istilah penting pada modul perlu ditebalkan/bold. istilah penting tidak ditebalkan karena dapat diperhatikan pada Indeks. Produk perlu dikembangkan menjadi modul online dan dieksperimenkan untuk mengetahui efektivitasnya dalam pembelajaran memahami lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62264

Actions (login required)

View Item View Item