Pengaruh model pembelajaran observasi lapangan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Nabila Nurul Hawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran observasi lapangan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Nabila Nurul Hawa

Hawa, Nabila Nurul (2014) Pengaruh model pembelajaran observasi lapangan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Nabila Nurul Hawa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hawa Nabila Nurul. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Observasi Lapangan terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pen-didikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.P (II) Dr. Budijanto M.Sos. Kata kunci Observasi Lapangan Hasil Belajar Geografi. Salah satu cara untuk mewujudkan pembelajaran geografi kontekstual me-lalui kegiatan di luar kelas (outdoor study) dengan pelaksanaan observasi lapang-an. Pembelajaran ini dapat mengontekskan materi dengan fenomena yang terjadi di lingkungan siswa secara langsung. Model pembelajaran observasi lapangan di-harapkan dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menjelaskan pengaruh model pembelajaran observasi lapangan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Pe-nelitian ini termasuk jenis eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan dua sub-jek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen menggu-nakan model pembelajaran observasi lapangan dan kelas kontrol menggunakan STAD. Hasil belajar pada kedua kelas tersebut diukur melalui pretest dan posttest ke-mudian dihitung nilai gain scorenya untuk analisis lebih lanjut. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t test dan diolah dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran observasi la-pangan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi. Nilai rata-rata gain score hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata nilai gain score kelas eksperimen adalah 17 81 sedangkan kelas kontrol 12 42. Apabila dianalisis menggunakan independent sample t test perbedaan tersebut menunjukkan nilai 961 -level 0 006. Nilai 961 -level tersebut lebih kecil dari 0 05 ( 961

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62263

Actions (login required)

View Item View Item