Penerapan metode pemberian tugas pada materi lingkungan hidup untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Semin Gunung Kidul / Indri Ernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pemberian tugas pada materi lingkungan hidup untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Semin Gunung Kidul / Indri Ernawati

Ernawati, Indri (2014) Penerapan metode pemberian tugas pada materi lingkungan hidup untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Semin Gunung Kidul / Indri Ernawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ernawati Indri. 2013. Penerapan Metode pemberian Tugas untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Lingkungan Hidup di Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Semin Gunung Kidul. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. (II) Dr. Budijanto M.Si. Kata Kunci Keaktifan Belajar Metode pemberian Tugas. 12288 12288 12288 12288 Pelaksanaan pembelajaran geografi di SMP Muhammadiyah 1 Semin Gunung Kidul guru belum mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan kurang melibatkan siswa melakukan aktivitas interaksi antara guru siswa dan lingkungan belajar. Hasil identifikasi awal ditemukan beberapa indikator yaitu 1) tidak mampu bertanya karena tidak menguasai materi (55% dari 31 siswa) 2) kurang mampu menjawab karena keterbatasan sumber belajar (38% dari 31 siswa) 3) kurang mampu bekerja sama menyelesaikan tugas yang diberikan guru (50% dari 31 siswa) 4) kurang mampu mengemukakan ide-ide dan argumentasi pendapat (65% dari 31 siswa). 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Semin dengan menerapkan metode pemberian tugas. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan desain Penelitian Tindakan Kelas model Kemis dan Taggard yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Semin. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen lembar pengamatan keaktifan belajar siswa dan lembar pengamatan keterlaksanaan tindakan guru dan respon siswa dalam pembelajaran metode pemberian tugas. Sedangkan untuk melihat peningkatan keaktifan belajar siswa data dianalisis menggunakan teknik persentase selanjutnya dideskrepsikan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Keaktifan belajar siswa sebelum penerapan metode pemberian tugas 48% termasuk dalam katagori cukup. Pada siklus I keaktifan belajar siswa 74% termasuk dalam kategori baik (meningkat 26% dari prasiklus). Setelah siklus II keaktifan belajar menjadi 85% termasuk katagori sangat baik (meningkat 11% dari siklus I). Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan keaktifan belajar di SMP Muhammadiyah 1 Semin Gunung Kidul pada materi lingkungan hidup. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut disarankan (1) kepada guru dalam memberi tugas pada siswa hendaknya mengaitkan materi dengan lingkungan kehidupan sehari-hari siswa memperhitungkan waktu yang dibutuhkan siswa untuk mengerjakan tugas dan melibatkan seluruh siswa aktif melakukan aktivitas kerja kelompok dan presentasi (2) bagi peneliti berikutnya pemberian tugas hendaknya diintegrasikan dengan metode pembelajaran lain untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62262

Actions (login required)

View Item View Item