Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Kristen Setia Budi Malang pada materi pelestarian lingkungan hidup / Donatus Bomdin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Kristen Setia Budi Malang pada materi pelestarian lingkungan hidup / Donatus Bomdin

Bomdin, Donatus (2014) Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Kristen Setia Budi Malang pada materi pelestarian lingkungan hidup / Donatus Bomdin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bomdin Donatus 2013. Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IPS SMA Kristen Setia Budi Malang pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (2) Dr. Budijanto M.S Kata kunci Pembelajaran model STAD Hasil belajar dan Pelestarian lingkungan hidup. Rendahnya hasil belajar siswa di kelas XI-IPS SMA Kristen Setia Budi Malang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar sehingga perhatian mereka terhadap pelajaran geografi kurang. Hal ini diduga karena pembelajaran bersifat monoton dan kurang melibatkan siswa. Mereka tidak didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir tetapi hanya diarahkan untuk menghafal informasi apa yang disampaikan. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar tentang konsep kualitas lingkungan hidup kerusakan dan pelestariannya digunakan STAD (Student Team Achievement Divisions). Prosedur pembelajaran dirancang sebagai berikut (1) persiapan materi dan penerapan siswa dalam kelompok (2) penyajian materi (3) kegiatan kelompok (4) evaluasi dan (5) penghargaan individual dan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Kristen Setia Budi Malang dengan menerapkan pembelajaran model STAD. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas pada semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini siswa kelas XI-IPS sebanyak 18 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 9 perempuan. Data penelitian ini berupa skor hasil belajar setiap siklus yang dikumpulkan melalui tes individual dan pengamatan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 dan dari siklus 2 ke siklus 3 mengalami peningkatan. Temuan tambahan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada perasaan suka merasa puas dengan prestasi yang dicapai dan ada kompetisi antar kelompok/tim dengan penerapan pembelajaran model STAD pada materi pelestarian lingkungan hidup. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Beberapa saran disampaikan berkaitan dengan penerapan model pembelajaran STAD sebagai berikut (1) menjadikan pembelajaran kooperatif model STAD sebagai suatu pembelajaran alternatif (2) dalam penerapan pembelajaran model STAD hendaknya dijelaskan tahapannya secara detil sampai siswa benar-benar memahami (3) guru perlu membuat ringkasan materi pelajaran agar siswa memiliki bahan untuk belajar (4) mengontrol kesiapan siswa dalam pembelajaran baik buku pelajaran maupun aktivitasnya dan (5) bagi peneliti selanjutnya melakukan penelitian dengan penerapan pembelajaran model STAD dalam pelajaran geografi pada materi yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62261

Actions (login required)

View Item View Item