Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran index card match pada siswa kelas III SDN Kedungwilut Kabupaten Tulungagung / Agustin Limita Ariany - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran index card match pada siswa kelas III SDN Kedungwilut Kabupaten Tulungagung / Agustin Limita Ariany

Ariany, Agustin Limita (2016) Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran index card match pada siswa kelas III SDN Kedungwilut Kabupaten Tulungagung / Agustin Limita Ariany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariany Agustin Limita. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Index Card Match Pada Siswa Kelas III SDN Kedungwilut Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Suminah S.Pd M.Pd (II) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. Kata kunci peningkatan hasil belajar metode Index Card Match Hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran IPS di kelas III SDN Kedungwilut kabupaten Tulungagung diketahui terdapat beberapa hambatan dan permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran antara lain (1) guru masih mendominasi proses pembelajaran (2) guru kurang membimbing dan menggali pengetahuan siswa (3) guru tidak menggunakan metode media yang efektif (4) siswa kurang berpatisipasi dalam kegiatan pembelajaran (5) siswa kurang antusias dalam pembelajaran (6) rendahnya minat belajar dan daya serap siswa terhadap mata pelajaran IPS (7) siswa kurang percaya diri menyampaikan pendapat. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa didapatkan hasil bahwa 13 siswa mendapat nilai 68. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Index Card Match dan peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Kedungwilut Kabupaten Tulungagung melalui metode Index Card Match . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Analisis data terdiri 3 tahap yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian penerapan metode Index Card Match pada siklus I pertemuan 1 aktivitas guru memperoleh 70% kualifikasi cukup baik dan pertemuan 2 memperoleh 80% kualifikasi baik. Pada siklus II pertemuan 1 aktivitas guru memperoleh 85% kualifikasi baik dan pertemuan 2 memperoleh 100% kualifikasi sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh 70% cukup baik dan pertemuan 2 memperoleh 80% kualifikasi baik. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 85% kualifikasi baik dan pertemuan 2 memperoleh 100% kualifikasi sangat baik. Untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh 35% kualifikasi kurang dan pertemuan 2 memperoleh 65% kualifikasi cukup. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh 85% kualifikasi baik dan pertemuan 2 memperoleh 100% kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menggunakan metode Index Card Match pada pembelajaran IPS supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kedungwilut Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6226

Actions (login required)

View Item View Item