Pengembangan software pembelajaran geografi "G-Eureka" untuk siswa SMP kelas VII, topik relief bumi / Hermawan Nindyo Wardoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan software pembelajaran geografi "G-Eureka" untuk siswa SMP kelas VII, topik relief bumi / Hermawan Nindyo Wardoyo

Wardoyo, Hermawan Nindyo (2013) Pengembangan software pembelajaran geografi "G-Eureka" untuk siswa SMP kelas VII, topik relief bumi / Hermawan Nindyo Wardoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardoyo Hermawan Nindyo. 2013. Pengembangan Software Pembelajaran Geografi G-Eureka untuk Siswa SMP Kelas VII Topik Relief Bumi.Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.Ach. Fatchan M.Pd. M.Si. (II) Prof.Dr. Edy Purwanto M. Pd. Kata Kunci pengembangan software G-Eureka. Pengembangan produk yang dilakukan dalam penelitian ini didasarkan pada hasil analisis terhadap komponen dalam sistem pembelajaran IPS-Geografi di jenjang pendidikan menengah pertama. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahan ajar masih mengandung kelemahan ditinjau dari aspek substansi maupun kebahasaan substansi media pembelajaran tidak relevan dengan esensi materi substansi instrumen evaluasi pembelajaran tidak sesuai dengan materi dan penggunaan istilah geografi yang berasal dari bahasa asing bermakna ambigu (memiliki makna berbeda ketika diterjemahkan dengan kamus umum Inggris Indonesia). Kelemahan tersebut dijadikan sebagai dasar bagi penelitian ini untuk mengembangkan produk yang berisi komponen pembelajaran yang berkualitas (lebih baik dibandingkan produk terdahulu yang dijadikan bahan analisis). Produk teknologi pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa perangkat lunak komputer yang diberi nama G-Eureka. Software tersebut difungsikan sebagai teknologi pembelajaran IPS-Geografi bagi siswa di jenjang pendidikan menengah pertama. Substansi software berasal dari hasil pengorganisasian lima komponen dalam sistem pembelajaran IPS-Geografi yakni bahan ajar yang dimodifikasi dalam bentuk digital media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif sarana penerapan pendekatan kontekstual yang diwujudkan dalam bentuk perangkat input/output data muatan lokal sarana pengukur kemajuan belajar berupa perangkat evaluasi pembelajaran berbantuan komputer dan sarana penerjemah istilah geografi yang berasal dari bahasa asing yang diwujudkan dalam bentuk kamus geografi digital. Prosedur pengembangan mengacupada the R D cyclemodel Borg Gall.Penerapan siklus pengembangan tersebut disederhanakan dari 10 langkah menjadi 9 tahapan pengembangan yaitu 1) analisis kualitas sarana pembelajaran IPS-geografi di jenjang pendidikan menengah pertama 2) penyusunan substansi produk 3) pendesainan sistem operasional 4) produksi prototipe software 5) validasi ahli 6) revisi prototipe 7) uji coba lapangan 8) revisi akhir dan 9) deseminasi. Subjek uji coba terdiri dari dua kelompok yaitu siswa kelas VII A B SMPN 3 Takisung berjumlah 40 orang (diasumsikan sebagai subjek yang memiliki kemampuan akademis rendah) dan siswa kelas VII A B SMP Islam Al-Azhar Tulungagung berjumlah 40 orang (diasumsikan sebagai subjek yang memiliki kemampuan akademis tinggi). Data yang dikumpulkan dari kegiatan uji coba yaitu respon siswa dan hasil belajar. Data respon siswa terhadap substansi dan sistem operasional software G-Eureka digunakan sebagai acuan perbaikan produk. Data tersebut dianalisis dengan teknik pengelompokan data dan pensistematisan data. Data hasil belajar siswa digunakan acuan penilaian objektivitas performa software G-Eureka. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis data respon dan data hasil belajar yaitu 1) perbaikan sofware G-Eureka yang mengacu pada saran validator dan respon siswa ditujukan pada aspek substansi dan sistem operasional 2) penerapan software G-Eureka dalam pembelajaran dapat mendukung pencapaian ketuntasan belajar siswa pandai maupun yang kurang pandai dengan asumsi bahwa siswa tersebut yang memiliki pengetahuan dasar teknologi komputer (computer literacy) yang memadai. Saran yang diperoleh dari pengkajian kelemahan dan keunggulan software G-Eureka yaitu 1) penyediaan video tutorial tata cara pengoperasionalan software dan tata cara input data muatan lokal ke dalam database 2) deseminasi produk secara mandiri dan kerjasama dengan pihak swasta maupun pemerintah 3) penambahan materi pembelajaran dan penyesuaian dengan kurikulum 2013 melalui penambahan muatan sikap keagamaan (kompetensi inti 1) serta sikap sosial (kompetensi inti 2).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62258

Actions (login required)

View Item View Item