Mushoddik (2013) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri 6 Jakarta / Mushoddik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mushoddik 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri 6 Jakarta. Tesis Pendidikan Geografi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Budijanto M. Si Kata kunci model pembelajaran Group Investigation berpikir kritis. Group Investigation merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa sejak perencanaan baik dalam menentukan topik maupun belajar melalui investigasi. Model pembelajaran ini membelajarkan siswa berkomunikasi maupun bekerja sama (group process skills). Lebih khusus model group investigation dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan berlatih mengidentifikasi masalah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran GI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah Negeri 6 Jakarta pada materi pelestarian Lingkungan Hidup. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kesamaan nilai rata-rata ujian semester pertama. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu 1) variabel terikat adalah berpikir kritis dan 2) variabel bebas adalah Model Group Investigation. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan menggunakan tes esai. Data hasil pengukuran dianalisis dengan menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 by Windows. Kemampuan berpikir kritis ditentukan berdasarkan perbedaan skor pretest dan posttest. Gain score menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model group investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MAN 06 Jakarta. Disarankan kepada guru 1) agar memperoleh hasil yang optimal sebaiknya a) pembelajaran melibatkan siswa secara aktif (student centered) sedangkan guru sebagai fasilitator b) sebelum pelaksanaan siswa dijelaskan secara rinci dahulu agar saat penerapannya tidak terjadi kebingungan dan membuang waktu c) cermat dalam pembagian waktu pada bagian presentasi d) menggunakan soal esai dalam mengukur hasil belajar siswa. 2) bagi peneliti selanjutnya a) dapat menggunakan group investigation terhadap veriabel terikat (Y) yang lain seperti kemampuan berpikir kreatif mengambil keputusan ataupun kemampuan yang lain b) perlu dilakukan eksperimen dengan menguji kelebihan group investigation pada materi atau mata pelajaran lain c) mengintegrasikan atau membandingkan dengan model pembelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |