Pengaruh penggunaan peta pikiran dan gaya bel;ajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VII SMP Yayasan Pupuk Kaltim Bontang / Sigit Purwoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan peta pikiran dan gaya bel;ajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VII SMP Yayasan Pupuk Kaltim Bontang / Sigit Purwoko

Purwoko, Sigit (2013) Pengaruh penggunaan peta pikiran dan gaya bel;ajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VII SMP Yayasan Pupuk Kaltim Bontang / Sigit Purwoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwoko Sigit. 2013. Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pupuk Kaltim Bontang.Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Achmad Amirudin M.Pd. (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata Kunci peta pikiran gaya belajar hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Pencapaian hasil belajar yang optimal tidak terlepas dari kemampuan mengingat informasi yang telah dipelajari. Untuk mengingat informasi yang telah dipelajari pada umumnya siswa membuat alat bantu berpikir berupa ringkasan materi pelajaran. Salah satu alat bantu berpikir yang mampu mendorong kreativitas dan mempermudah ingatan adalah peta pikiran. Peta pikiran memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir mandiri dan menyenangkan karena proses pembuatannya melibatkan kerja alami otak sejak awal. Selain itu dalam memproses informasi yang diterima setiap siswa memiliki cara khas tersendiri yang disebut gaya belajar. Sebagian siswa lebih mudah memproses informasi dengan memanfaatkan indera penglihatan sebagian lagi lebih mudah dengan memanfatkan indera pendengaran dan sebagian lainnya lebih mudah dengan menyentuh memegang atau praktik secara langsung. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta pikiran gaya belajar dan interaksi penggunaan peta pikiran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari (1) variabel terikat adalah hasil belajar siswa (2) variabel bebas adalah penggunaan peta pikiran dan (3) variabel moderator adalah gaya belajar. Hasil belajar geografi diukur menggunakan tes objektif sedangkan gaya belajar dengan angket. Data hasil pengukuran tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan anova dua jalur dengan bantuan SPSS versi 17.00 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data menggunakan anova dua jalur menunjukkan bahwa (1) penggunaan peta pikiran (X1) berpengaruh secara sigifikan terhadap hasil belajar geografi (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung 8 959 dengan signifikansi dua ekor 0 004 artinya p 0 05 (2) gaya belajar (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar geografi (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung 0 129 dengan signifikansi dua ekor 0 879 artinya p 707 0 05 dan (3) tidak ada interaksi antara penggunaan peta pikiran (X1) dan gaya belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung 0 614 dengan signifikansi dua ekor 0 545 artinya p 707 0 05. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan peta pikiran berpengaruh terhadap hasil belajar (2) gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dan (3) tidak ada interaksi antara penggunaan peta pikiran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar. Disarankan kepada guru Geografi untuk menerapkan penggunakan peta pikiran dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62256

Actions (login required)

View Item View Item