Penerapan model pembelajaran PBL pada matakuliah geografi ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas A Universitas Kanjuruhan Malang / Yuli Ifana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran PBL pada matakuliah geografi ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas A Universitas Kanjuruhan Malang / Yuli Ifana Sari

Sari, Yuli Ifana (2013) Penerapan model pembelajaran PBL pada matakuliah geografi ekonomi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas A Universitas Kanjuruhan Malang / Yuli Ifana Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Yuli Ifana. 2013. Penerapan Model Pembelajaran PBL pada Matakuliah Geografi -Ekonomi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Kelas A Universitas Kanjuruhan Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Achmad Fatchan M.Pd. M.P. Kata kunci model pembelajaran PBL berpikir kritis. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi di kelas A selama dua semester diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa kurang. Hal ini dapat dilihat dari pertanyaan yang diajukan mahasiswa pada saat pembelajaran masih pada tingkat kognitif rendah/aspek ingatan dan pemahaman jawaban yang dikemukakan mahasiswa pada saat pembelajaran sering tidak relevan dengan substansinya dan nilai kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan metode konvensional dari tes esai ujian tengah semester dan akhir semester diketahui bahwa mahasiswa kesulitan dalam merumuskan masalah menyusun hipotesis serta menarik kesimpulan. Dengan demikian kemampuan tersebut perlu ditingkatkan atau dikembangkan dengan sengaja dan terencana. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran PBL. PBL merupakan model pembelajaran yang melibatkan mahasiswa pada masalah nyata yang sesuai minat dan perhatiannya sehingga motivasi dan kemampuan berpikir kritis meningkat. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas A Universitas Kanjuruhan Malang pada matakuliah Geografi Ekonomi melalui pembelajaran model PBL. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Taggard. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Kanjuruhan Malang mahasiswa kelas A angkatan 2011 FKIP Pendidikan Geografi yang terdiri dari 38 mahasiswa yaitu 19 laki-laki dan 19 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tes lembar observasi dan catatan temuan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kemampuan berpikir kritisnya adalah 58 1 dengan kategori cukup kritis. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai kemampuan berpikir kritisnya adalah 75 3 dengan kategori kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis sebesar 17 2. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada dosen geografi dan matakuliah lain untuk menggunakan model PBL dalam usaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi refleksi bagi mahasiswa akan pentingnya melatih kemampuan berpikir kritis. Mahasiswa diharapkan dapat menemu kenali model pembelajaran yang efektif dalam menyelesaikan masalah yang riil di masyarakat. Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran model PBL dalam pembelajaran geografi dengan materi atau matakuliah yang lain perlu memperhatikan karakteristik mahasiswa matakuliah dan kompetensi yang harus dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62255

Actions (login required)

View Item View Item