Pengembangan modul geografi model Depdiknas pada kompetensi sumber daya alam kelas XI SMA / Etty Wahyunani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul geografi model Depdiknas pada kompetensi sumber daya alam kelas XI SMA / Etty Wahyunani

Wahyunani, Etty (2013) Pengembangan modul geografi model Depdiknas pada kompetensi sumber daya alam kelas XI SMA / Etty Wahyunani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyunani Etty. 2013. Pengembangan Modul Geografi Model Depdiknas Pada Kompetensi Sumber Daya Alam Kelas XI Sakolah Menengah Atas. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (1) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (2) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata kunci Modul Geografi Model Depdiknas Kompetensi Sumber Daya Alam. Penelitian pengembangan ini diawali dengan mengidentifikasi masalah pendidikan berupa ketergantungan guru terhadap buku paket. Buku paket yang beredar terdapat kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain (1) kesalahan kebahasaan fakta/data konsep generalisasi (2) penyajian gambar yang kurang mendukung materi (3) objek formal dan (5) objek material sebagai karakteristik bahan ajar geografi kurang ditampilkan. Kekurangan yang terdapat pada bahan ajar perlu diperbaiki. Masalah ini dapat diatasi dengan pengembangan bahan ajar berupa modul sumber daya alam kelas XI SMA/MA. Kompetensi sumber daya alam dikembangkan berdasarkan KTSP dan BNSP 2006. Model modul yang digunakan adalah model Depdiknas 2008 yang termuat dalam petunjuk teknis penyusunan modul. Spesifikasi modul model Depdiknas yang dihasilkan terdiri dari 3 set modul modul 1 berisi pengertian penggolongan dan persebaran sumber daya alam Modul 2 berisi jenis-jenis sumber daya alam dan modul 3 berisi pemanfaatan sumber daya alam secara arif. Setiap modul disusun dengan menggunakan panduan model Depdiknas. Modul diharapkan dapat membantu siswa untuk belajar mandiri memonitor kegiatan belajarnya dan menyediakan bahan ajar yang dapat direspon secara maksimal. Desain pengembangan dalam penelitian ini menggunakan langkah Dick Carry (2001) yang memiliki sepuluh langkah antara lain menentukan tujuan pembelajaran melakukan analisis pembelajaran mengenal tingkah laku masukan dan ciri-ciri siswa merumuskan tujuan performasi (unjuk kerja) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan mengembangkan strategi atau siasat pembelajaran mengembangkan dan memilih materi pembelajaran merancang dan melaksanakan penilaian formatif merevisi pembelajaran dan mengembangkan serta menyusun penilaian sumatif. Langkah-langkah tersebut dimodifikasi menjadi analisis buku teks penyusunan dan pengembangan validasi ahli revisi uji coba revisi dan desiminasi. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jogoroto Kabupaten Jombang modul direvisi. Unsur-unsur yang direvisi meliputi kesalahan penggunaan tanda baca penulisan kalimat dan menyederhanakan uraian materi yang sulit dengan memberikan penjelasan pada peta dan gambar. Desiminasi produk yang telah direfisi menggunakan langkah-langkah sebagai berikut menyebarluaskan hasil pengembangan melalui MGMP Geografi seminar dan diterbitkan pada jurnal ilmiah. Agar produk ini benar-benar layak digunakan disarankan perlu adanya penelitian eksperimen dan penelitian pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62254

Actions (login required)

View Item View Item