Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode diskusi di kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Tarakan / Nuraeni Irmawaty Ali - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode diskusi di kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Tarakan / Nuraeni Irmawaty Ali

Ali, Nuraeni Irmawaty (2013) Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode diskusi di kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Tarakan / Nuraeni Irmawaty Ali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ali Irmawaty Nureni. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Diskusi di kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Tarakan. Tesis.Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Prof. Dr. H. A. Fatchan M.Pd MP Kata Kunci Hasil Belajar IPS Metode Diskusi Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Tarakan 12288 12288 12288 12288 Upaya peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode diskusi di kelas XI teknik pengelasan SMK Negeri 2 Tarakan dilatar belakangi dari semua jurusan yang menunjukan nilai IPS rendah dengan rata-rata nilai 4 32. Faktor penyebab hasil belajar IPS rendah yaitu siswa tidak tertarik dengan pelajaran IPS karena tidak di-UAN-kan. Siswa lebih tertarik pada pelajaran produktif karena praktek langsung di bengkel selain itu siswa beranggapan bahwa pelajaran IPS merupakan pelajaran hafalan sehingga membosankan . 12288 12288 12288 12288 Tujuan Penelitian ini meningkatkan hasil belajar IPS terutama topik Konflik Soial. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas XI Teknik Pengelasan sebanyak 29 orang laki-laki dengan menggunalan metode diskusi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa pratindakan yang tuntas 6 orang (21%) dan yang tidak tuntas sebanyak 23 orang (79%). Siklus I yang tuntas sebanyak 14 orang (48%) dan yang tidak tuntas 15 orang (52%) dan untuk siklus II meningkat menjadi yang tuntas 29 orang (100%) tidak tuntas 0%. 12288 12288 12288 12288 Berdasar hasil pembahasan disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasar kesimpulan tersebut disarankan (1) kepada guru IPS pada khususnya dan guru mata pelajaran lainnya untuk menggunakan metode diskusi dalam usaha peningkatan hasil belajar siswa di SMK (2) bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dipakai sebagai untuk pembelajaran di SMK pada jurusan yang berbeda dengan jurusan teknik pengelasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62253

Actions (login required)

View Item View Item