Muthmainna (2013) Pengaruh penggunaan modul multimedia terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Muthmainna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Modul Multimedia Hasil Belajar. Penggunaanmodulsebagaibahanajar di dalamkelasmerupakansuatualternatifuntuk proses pembelajaran yang menitikberatkanpadakeaktifandankemandirianbelajarsiswa. Modulberisimateri metode batasan-batasan dancaramengevaluasi yang dirancangsecarasistematisdanmenarikuntukmencapaikompetensi yang diharapkansesuaidengantingkatkompleksitasnya. Modulmemberikankesempatankepadapenggunamoduluntukbelajarsecaramandirisesuaidenganpercepatanpembelajaranmasing-masing. Pembelajarandenganmodul multimedia yang di dalamnyaterdapatteks audio dan visual dapatmembantusiswamemahami ide-ide yang komplekdenganlebihmudah.Ide-ide yang kompleksbaikdarisegijauhnyatempatpengamatanmaupunwaktu yang dibutuhkanuntukmengamatigejaladapatdianimasikanuntukmemudahkansiswamemahamigejalaalam.Sehinggadenganmengguna-kanmodul multimedia dalampembelajarandapatmeminimalkanbeberapa kesulitandalampembelajarantentangmateri yang susahdiamatilangsungolehsiswasepertimateriatmosfer. Penelitianinibertujuanuntuk mengatahui pengaruhpenggunaan modul multimedia terhadap hasil belajar geografi siswa SMA.Subjekpenelitian yakni siswa kelas X SMA Negeri 1 MalangterdiridariduakelasyaitukelasX1sebagaikelaseksperimendankelasX2sebagaikelaskontrol. Subjekpenelitian ditentukan berdasarkan kesamaan nilai rata-rata ujian semester pertama.Rancangan yang digunakandalampenelitianiniadalaheksperimentalsemu (quasi experiment) denganinstrumenpenelitian yang digunakanadalahtespilhan ganda dengan 48 soal.Teknikanalisis yang digunakanadalahujit-testdenganmenggunakanbantuankomputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa penggunaan modul multimedia tidak berpengaruh terhadap hasil belajar geografi. Siswa yang belajar dengan menggunakan modul multimedia memperoleh hasil belajar yang lebih rendah daripada siswa yang menggunakan buku teks. Berdasarkanhasiluji t diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan modul multimedia dengan buku teks nilai p-level adalah 0 00lebihkecildarisignifikansiyaitu 0 05 (p
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |