Jayanti, Mustika Arif (2013) Penggunaan media peta untuk menarik perhatian dan meningkatkan hasil belajar IPS kelas IC G SMP Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun / Mustika Arif Jayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Media peta perhatian siswa dan hasil belajar Perhatian siswa di kelas IX G SMP Negeri 2 Dolopo masih tergolong kurang. Hasil observasi menunjukkan bahwa perhatian siswa pada pelajaran IPS belum maksimal. Perhatian siswa yang kurang dapat menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Perhatian siswa pada pra tidakan sebanyak 11 anak (42 31%) fokus dalam pembelajaran dan sebanyak 15 anak (57 69%) yang tidak fokus dalam pembelajaran. Hasil belajar kelas IX G menunjukkan bahwa sebanyak 19 anak (73 07%) tidak tuntas dan 7 anak (26 92%) yang tuntas (SKM 73). Tujuan dari penelitian ini untuk menarik perhatian dan meningkatkan hasil belajar IPS dengan penggunaan media peta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 pada bulan Februari dan Maret dengan subjek siswa kelas IX G yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi perhatian siswa dan tes. Rata-rata pencapaian perhatian siswa secara klasikal pada pra tindakan adalah 42 31. Pada Siklus I adalah 61 54 pada tindakan siklus II diperoleh persentase sebesar 69 23. Siklus III diperoleh persentase sebesar 100. Dari siklus I II dan III perhatian siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Peningkatan ketuntasan hasil belajar klasikal pada data awal sebanyak 7 anak (26 92%) yang dinyatakan tuntas. Pelaksanaan tindakan siklus I pada tanggal 25 Februari 2013 mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikalnya sebanyak 16 anak (61 54%) kenaikan ini sebesar 34 62%. Pada siklus II pada tanggal 4 Maret 2013 ketuntasan klasikalnya mengalami kenaikan sebanyak 19 anak (73 08%) kenaikan ini sebesar 11 54%. Pada siklus III pada tanggal 11 Maret 2013 ketuntasan klasikalnya mengalami kenaikan sebanyak 23 anak (88 46%) kenaikan ini sebesar 15 38%. Simpulan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di kelas IX G SMP Negeri 2 Dolopo sebagai berikut (1) Pengunaan media peta dapat menarik perhatian siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IX G SMP Negeri 2 Dolopo. (2) Pengunaan media peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS standart kompetensi hubungan manusia dengan bumi di SMP Negeri 2 Dolopo. Saran kepada guru sebagai berikut 1) Menampilkan media peta harus melihat skala peta terlebih dahulu. Jika skala peta terlalu kecil maka siswa yang duduk di belakang tidak bisa melihat dengan jelas. 2) Menampilkan peta wilayah lebih khusus (wilayah Kabupaten Madiun). Jadi memudahkan siswa membandingkan bentuk daerah yang ada di peta dengan daerah yang sebenarnya. 3) Menampilkan media peta yang lebih bervariasi. 4) Memberikan penjelasan lebih terperinci mengenai informasi yang ada di peta agar siswa lebih paham lagi dalam pembelajaran. 5) Menampilakan media peta dalam bentuk yang menarik disertai dengan gambar dan tampilan yang bagus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |