Penerapan model Jigsaw untuk mneingkatkan kualitas pembelajaran tema Tempat Tinggalku subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang / Henik Nur Khofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Jigsaw untuk mneingkatkan kualitas pembelajaran tema Tempat Tinggalku subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang / Henik Nur Khofiyah

Khofiyah, Henik Nur (2016) Penerapan model Jigsaw untuk mneingkatkan kualitas pembelajaran tema Tempat Tinggalku subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang / Henik Nur Khofiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khofiyah Henik Nur. 2016. Penerapan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tema Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd (II) Drs. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Model Jigsaw Kualitas Pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan guru di kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang berpusat pada guru guru menggunakan metode ceramah. Dalam kegiatan diskusi terdapat 14 siswa aktif berdiskusi dan menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan 16 siswa lainnya tidak aktif selama kegiatan diskusi. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswa rata-rata hasil belajar siswa yaitu 67 66. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Jigsaw pada Pembelajaran Tema Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang (2) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Tema Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat tinggalku dengan menerapkan model Jigsaw di kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat tinggalku dengan menerapkan model Jigsaw di kelas IV SDN Madyopuro 5 Malang. Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pada Tema Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat tinggalku dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro 5 malang yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Tema Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat tinggalku hal ini ditunjukkan dari rata-rata kemampuan guru pada siklus I sebesar 87 50 sedangkan pada siklus II adalah 95 31. Pada aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 67 26 pada siklus II meningkat menjadi 81 29. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh Skor rata-rata yaitu 84 95 dan pada siklus II yaitu 90 81 hasil belajar pada aspek sikap pada siklus I diperoleh rata- rata yaitu 81 17 meningkat pada siklus II menjadi 84 82 dan hasil belajar pada aspek keterampilan pada siklus I diperoleh rata-rata 90 14 meningkat menjadi 93 89 pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu model Jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Tema Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Madyopuro 5 malang. Disarankan apabila ingin menerapkan model Jigsaw sebaiknya disesuaian dengan materi yang akan diajarkan. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6225

Actions (login required)

View Item View Item