Pengaruh model pembelajaran think pair share dan gaya belajar terhadap hasil belajar Geografi SMA / Tuti Mutia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran think pair share dan gaya belajar terhadap hasil belajar Geografi SMA / Tuti Mutia

Mutia, Tuti (2013) Pengaruh model pembelajaran think pair share dan gaya belajar terhadap hasil belajar Geografi SMA / Tuti Mutia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tuti Mutia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin M.Pd (II) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. Kata Kunci Model Think Pair Share Gaya Belajar Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Tujuan pembelajaran tercapai apabila siswa secara aktif berinteraksi dengan komponen pembelajaran yang diatur oleh guru. Salah satu komponen pembelajaran yang dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran adalah model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat menghasilkan interaksi terbuka antar siswa yaitu Think Pair Share (TPS). Model tersebut memberikan siswa kesempatan untuk berfikir dan membantu teman. Interaksi yang terjadi dalam pembelajaran ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selain itu gaya belajar diduga juga berpengaruh terhadap hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS gaya belajar dan interaksi model pembelajaran TPS dengan gaya belajar terhadap hasil belajar. Untuk mencapai tujuan ini dirumuskan hipotesis (1) model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap hasil belajar (2) gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan (3) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran TPS dengan gaya belajar terhadap hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dirancang menggunakan model eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain faktorial 2 x 3. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X3 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari (1) variabel terikat adalah hasil belajar siswa (2) variabel bebas adalah model pembelajarn TPS dan (3) variabel moderator adalah gaya belajar. Hasil belajar siswa diukur menggunakan tes yang terdiri dari dua yaitu tes objektif dan subjektif sedangkan gaya belajar dengan angket. Data hasil pengukuran tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan Anova Dua Jalur dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis menggunakan Anova Dua Jalur menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap hasil belajar (2) gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan (3) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran TPS dengan gaya belajar terhadap hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap hasil belajar (2) gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dan (3) tidak ada interaksi model pembelajaran TPS dengan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Disarankan bagi guru Geografi untuk sering menerapkan model pembelajaran TPS karena memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini perlu diimplikasikan pada mata pelajaran yang lain. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62248

Actions (login required)

View Item View Item