Penerapan model group investigations untuk meningkatkan kreatifan belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMPN 1 Samarinda / Tutik Widayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model group investigations untuk meningkatkan kreatifan belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMPN 1 Samarinda / Tutik Widayati

Widayati, Tutik (2013) Penerapan model group investigations untuk meningkatkan kreatifan belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMPN 1 Samarinda / Tutik Widayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Group Investigations Keaktifan Belajar. Penerapan model pembelajaran GI di kelas VIII C SMP Negeri 1 Samarinda dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keaktifan siswa dalam belajar geografi. Rendahnya keaktifan siswa dalam belajar ditunjukkan dengan kurangnya kemampuan merespon pembelajaran secara nyata tidak mampu bertanya dengan ketidaktahuannya. Selain itu kurangnya kemampuan berargumentasi dalam mencestukan ide-ide dan gasasan positif dan kurangnya kemampuan menjawab pertanyaan dan permasalahan yang diajukan. Indikator rendahnya keaktifan belajar siswa yang lain adalah kurangnya kemampuan bekerja sama dan berdiskusi dalam menyelesaikan masalah. Selain itu siswa beranggapan mata pelajaran geografi tidak penting. Hal ini menyebabkan siswa malas ribut bercanda dan berbicara dengan teman saat mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Samarinda dengan menerapkan model Group Investigations. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas VIII C. Data dikumpulkan dengan instrumen lembar observasi keaktifan siswa dan format catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa dari pratindakan ke siklus pertama dan dari siklus pertama ke siklus kedua mengalami peningkatan. Keaktifan belajar siswa yang meningkat berpengaruh terhadap hasil belajar yang juga meningkat. Hal ini dapat terlihat pada hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama yang mencapai KKM meningkat dari pratindakan dan di siklus kedua meningkat dari siklus pertama. Berdasar hasil pembahasan disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model Group Investigations dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan (1) kepada guru geografi pada khususnya dan guru mata pelajaran lain untuk menggunakan model GI dalam usaha meningkatkan keaktifan belajar siswa. (2) bagi peneliti selanjutnya dalam pelaksanaan GI perlu menyajikan materi dan permasalahannya secara menarik dan kontekstual untuk bahan investigasi. Untuk itu perlu melakukan inovasi baru dan kajian yang lebih dalam demi perbaikan/penyempurnaan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dengan demikian hasil penelitian selanjutnya dapat memperluas wawasan sebagai usaha meningkatkan keaktifan siswa untuk belajar geografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62247

Actions (login required)

View Item View Item