Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Samarinda pada mata pelajaran geografi / Indarwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Samarinda pada mata pelajaran geografi / Indarwanti

Indarwanti (2013) Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Samarinda pada mata pelajaran geografi / Indarwanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indarwanti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri I Samarinda pada Mata Pelajaran Geografi. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M. Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M. Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran STAD Motivasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Penerapan model pembelajaran STAD di kelas X-3 SMA Negeri 1 Samarinda dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi siswa untuk bel-ajar geografi. Motivasi belajar mereka rendah ditunjukkan oleh rasa tidak suka dan anggapan bahwa pelajaran geografi tidak penting. Saat pelajaran mereka bersikap tidak perhatian terhadap pelajaran tidak aktif dan mengeluh ketika diberikan tugas dan diberitahu akan ulangan harian. Selain itu mereka melakukan aktivitas yang tidak berkaitan dengan pembelajaran dan cenderung membuat kegaduhan terutama anak laki-laki. Mereka mengerjakan tugas sekedarnya dibantu orang lain atau mencontek pekerjaan teman serta mengumpulkan tugas tidak tepat waktu. Saat ulangah harian mereka berprinsip berapapun hasilnya yang penting tidak remidi. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-3 di SMA Negeri 1 Samarinda dengan menerapkan model pembelajaran STAD. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada semester genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Subjek penelitian ini siswa kelas X-3 sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 22 perem-puan. Data penelitian ini berupa skor motivasi belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar melalui penerap-an model pembelajaran STAD. Temuan tambahan dalam penelitian ini menunjuk-kan bahwa motivasi belajar meningkatkan hasil belajar siswa lebih menyukai pembelajaran di lakukan di luar kelas dan mereka bersemangat belajar dengan LKS yang dibuat oleh guru. Berdasarkan kesimpulan tersebut kepada guru apabila akan menggunakan STAD disarankan (1) sebelum memulai pembelajaran hendaknya guru menjelaskan sintak-sintak STAD dengan detil sampai anak benar-benar memahami (2) pengelompokan anak untuk tahap belajar tim sebaiknya dilakukan sejak awal pembelajaran (3) pembelajaran geografi sebaiknya dilakukan di lapangan untuk materi-materi yang kontekstual dengan lingkungan sekitar (4) untuk memotivasi siswa sebaiknya dalam pembelajaran geografi menggunakan LKS yang menarik dan konteksual. Saran untuk peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dikaji lebih mendalam dengan menggunakan kriteria evaluasi dan cara yang berbeda mengenai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62246

Actions (login required)

View Item View Item