Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar materi pemanfaatan lingkungan hidup pada siswa kelas XI IPS MAN Malang 1 / Kristina Yudi Retnaningdyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar materi pemanfaatan lingkungan hidup pada siswa kelas XI IPS MAN Malang 1 / Kristina Yudi Retnaningdyah

Retnaningdyah, Kristina Yudi (2013) Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar materi pemanfaatan lingkungan hidup pada siswa kelas XI IPS MAN Malang 1 / Kristina Yudi Retnaningdyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Retnaningdyah Kristina Yudi. 2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN Malang I. Tesis Geografi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata Kunci pembelajaran Problem Based Learning hasil belajar siswa Pendidikan mempunyai peranan penting dalam perkembangan zaman. Upaya perbaikan pendidikan di Indonesia telah dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai strategi. Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang merupakan bentuk strategi perbaikan mutu pendidikan saat ini yang pembelajarannya fokus pada siswa. Pada kenyataannya banyak dijumpai masalah tentang pendidikan. Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2012 dengan guru Geografi MAN Malang 1 kelas XI diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran masih didominasi guru sehingga hasil belajarnya rendah di bawah KKM yaitu 74 pada pra tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Malang I dengan subjek siswa kelas XI IPS I yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut terjadi dari nilai 74 menjadi 77 27 pada siklus I selanjutnya menjadi 83 8 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS I MAN Malang I. Adanya peningkatan tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang berbeda dari pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian disarankan bagi guru untuk kreatif terutama dalam menyajikan materi pembelajaran yang bermasalah. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah ini pada materi geografi sosial dan menggunakan media yang bervariasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62245

Actions (login required)

View Item View Item