Rachman, Herlina Juwita (2013) Pengaruh penggunaan modul pembelajaran (Sahrir) materi atmosfer terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 9 Balikpapan / Herlina Juwita Rachman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rachman Herlina Juwita. 2013. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran (Sa-hrir) Materi Atmosfer Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Ne geri 9 Balikpa pan. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Ne geri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Fatchan M.Pd M.P. (II) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. Kata kunci Modul Pembelajaran Hasil Belajar Geografi. Paradigma pendidikan saat ini diarahkan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Pembelajaran ini sangat strategis dan inovatif karena memfasilitasi siswa untuk berperan aktif dalam memperoleh pengetahuan dan mengembangkan potensinya. Pem belajaran dengan modul menjadi salah satu alternatif bagi siswa seba gai pemeran utama dalam pembelajaran. Modul pembelaja ran Sahrir materi atmos fer merupakan ha sil pengembangan yang memi-liki beberapa keunggulan an tara lain (1) spesifi kasi modul Sahrir berupa self instruc tion self contained adap tive stand alone self test dan user friendly (2) modul dikembangkan dengan pendekatan keruangan (3) Sahrir menerapkan stra-tegi mastery learning da lam modulnya (4) Sahrir menampil kan kon sep-konsep kon krit dengan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah modul pembelajaran Sahrir ber pengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 9 Balikpa pan Hipote sis dalam penelitian ini adalah modul pembelajaran Sahrir berpengaruh terha dap hasil belajar Geografi siswa SMA Negeri 9 Balikpapan. Un tuk menguji hipote sis tersebut penelitian ini dirancang menggunakan pendeka tan eksperimen kuasi dengan desain penelitian Nonrandomized Pretest-Postest Con trol Group De-sign. Varia bel yang digunakan dalam penelitian yaitu (1) varia bel bebas adalah Modul Pembe lajaran Sahrir (2) variabel terikat adalah hasil bela jar geografi. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda dan esai. Skor tes hasil belajar siswa ditentukan berdasarkan perbedaan skor pretest dan posttest (gainscore). Gainscore menggambarkan hasil belajar geografi semua subjek baik ke las eksperimen maupun kelas kontrol. Data hasil pengukuran dianali sis dengan mengguna kan t-test dengan bantuan komputer program SPSS 16 0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa modul pembelajaran Sahrir berpenga ruh terhadap hasil belajar geografi. Hal ini dapat dilihat dari nilai t 5 105 (pilihan ganda) dan t 2 502 (esai) dengan signifikansi dua ekor 0 000 (pili-han ganda) dan 0 015 (esai) sehingga P 0 05. Di samping itu ditemukan bahwa tes hasil belajar berben tuk esai memberikan hasil belajar yang lebih baik diban-dingkan dengan tes berben tuk pilihan ganda. Hal ini dapat dilihat dari perbe daan nilai rata-rata kelas eksperi men yang menggunakan tes pilihan ganda (29 473) dan tes esai (39 040). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan da pat disimpulkan bahwa modul pem belajaran Sahrir materi atmosfer berpengaruh terha dap hasil belajar geo grafi siswa SMA Negeri 9 Balikpapan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |