Pengaruh pembelajaran Outdoor terhadap pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang / Agus Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran Outdoor terhadap pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang / Agus Purnomo

Purnomo, Agus (2012) Pengaruh pembelajaran Outdoor terhadap pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang / Agus Purnomo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengetahuan Sikap dan Pembelajaran out door Pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap pelestarian lingkungan hidup tidak dapat tumbuh begitu saja secara alamiah namun harus diupayakan secara terus menerus sejak usia dini salah satu langkah yang paling strategis dalam mengupayakan hal tersebut adalah penggunaan pembelajaran out door dengan memanfaatkan alam sekitar yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Prinsip pembelajaran out door mendukung standart isi tahun 2006 yaitu pelaksanaan kurikulum menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia sumber belajar dan teknologi yang memadai dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar contoh dan teladan). Sehubungan dengan kenyataan dan alasan sedemikian itulah maka rumusan masalah penelitian ini (1) apakah penerapan pembelajaran outdoor berpengaruh terhadap pengetahuan pelestarian lingkungan hidup mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang dan (2) apakah penerapan pembelajaran outdoor berpengaruh terhadap sikap pelestarian lingkungan hidup mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang Penelitian ini termasuk jenis eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk menguji perlakuan pendidikan terhadap tingkah laku mahasiswa atau ada tidaknya pengaruh tindakan itu bila dibandingkan dengan tindakan lain. Berdasarkan uji homogenitas kemampuan kognitif mahasiswa didapatkan kesimpulan bahwa karakter subjek penelitian homogen jadi penentuan kelas eksperimen dan kontrol dapat dilakukan dengan metode simple random sampling. Berdasarkan hasil uji independent sample t test didapatkan nilai signifikansi pada variabel pengetahuan didapatkan nilai sig 0 033 dan variabel sikap didapatkan nilai sig 0 014. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa sig

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62243

Actions (login required)

View Item View Item