Pengembangan bahan ajar modul multimedia kompetensi dasar atmosfer untuk kelas X sekolah menengah atas / Wahyu Widiastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar modul multimedia kompetensi dasar atmosfer untuk kelas X sekolah menengah atas / Wahyu Widiastuti

Widiastuti, Wahyu (2012) Pengembangan bahan ajar modul multimedia kompetensi dasar atmosfer untuk kelas X sekolah menengah atas / Wahyu Widiastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd (II) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M. P Kata Kunci bahan ajar atmosfer multimedia Pemakaian bahan ajar yang salah dan tidak tepat akan berakibat pada rendahnya kualitas pembelajaran. Kondisi bahan ajar dan buku teks geografi yang selama ini digunakan siswa masih menunjukkan beberapa kesalahan. Hal ini menyebabkan siswa sulit untuk memahami bahan ajar tesebut. Bahan ajar yang disusun dalam bentuk modul multimedia memungkinkan siswa belajar mandiri dan tuntas. Materi atmosfer misalnya akan lebih mudah dipahami jika disajikan dalam bentuk multimedia yang menampilkan teks dan gambar (foto animasi dan film). Modul yang disusun secara sistematis memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri tanpa bergantung pada orang lain atau dengan bimbingan yang sangat terbatas dari fasilitator/guru. Dengan demikian penulisan bahan ajar dalam bentuk modul multimedia dimaksudkan untuk 1) memperjelas dan mempermudah penyajian pesan pembelajaran geografi agar tidak hanya bersifat verbal 2) mengatasi keterbatasan waktu ruang dan daya indera 3) memungkinkan diakses secara terpisah dan mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall. Dalam model tersebut langkah-langkahnya disederhanakan menjadi sembilan tahap yaitu analisis buku teks perencanaan mengembangkan produk validasi ahli revisi uji coba skala kecil revisi uji coba lapangan dan revisi produk. Modul multimedia atmosfer dibagi menjadi tiga yaitu 1) dinamika unsur-unsur cuaca I 2) dinamika unsur-unsur cuaca II dan 3) klasifikasi iklim. Produk bahan ajar modul berbentuk multimedia diuji validitas dan kelayakannya melalui tiga tahap yaitu 1) validitas ahli yaitu ahli isi/materi dan desain pembelajaran 2) uji coba skala kecil dan 3) uji coba lapang. Uji coba skala kecil dan uji coba lapang bertujuan mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar tersebut dan mengukur kemampuan mereka memahami teks. Respon siswa dikumpulkan melalui angket sedangkan kemampuan siswa memahami teks diukur menggunakan tes. Hasil validasi dan ujicoba digunakan untuk revisi produk. Kemampuan siswa memahami teks rata-rata sebesar 88 5% pada uji coba skala kecil. Nilai prates-pascates mengalami peningkatan sebesar 25% modul pertama modul kedua terjadi peningkatan 23 4% dan modul ketiga sebesar 23 4%. Pada uji coba lapangan modul pertama terjadi peningkatan nilai prates-pascates sebesar 25 2% pada modul kedua terjadi peningkatan 22% sedangkan pada modul ketiga sebesar 28 4%. Kemampuan siswa memahami teks rata-rata 89 5%. Berdasarkan analisis data produk direvisi untuk memperbaiki kesalahan. Revisi produk dilakukan melalui dua tahap. Pertama revisi didasarkan pada saran ahli desain pembelajaran dan ahli isi atmosfer. Kedua revisi dilakukan berdasarkan temuan dari hasil uji coba skala kecil dan uji coba lapangan. Hasil analisis terhadap produk ditemukan beberapa kelemahan yaitu 1) produk sulit digunakan jika siswa tidak memiliki komputer/laptop 2) bahan ajar tidak memuat narasi verbal yang dibacakan 3) beberapa film tidak memiliki terjemahan dalam bahasa Indonesia 4) tidak semua guru mampu meng-update bahan ajar. Oleh karena itu diusulkan kepada pengembang lebih lanjut untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut. Saran perbaikan yang diusulkan yakni untuk menghasilkan bahan ajar modul multimedia yang berkualitas tinggi dibutuhkan waktu penelitian dan pengembangan yang relatif lama (multy years) dan dieksperimenkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62242

Actions (login required)

View Item View Item