Pengembangan multimedia pada matapelajaran geografi SMA kelas X semester II untuk topik hidrosfer / Ninja Panju Purwita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pada matapelajaran geografi SMA kelas X semester II untuk topik hidrosfer / Ninja Panju Purwita

Purwita, Ninja Panju (2012) Pengembangan multimedia pada matapelajaran geografi SMA kelas X semester II untuk topik hidrosfer / Ninja Panju Purwita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ata kunci multimedia pengembangan multimedia hidrosfer Permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan media dalam pembelajaran yaitu ketersediaan dan pemanfaatan multimedia. Ketersediaan media masih sangat kurang sehingga guru menggunakan media belum secara maksimal. Pemanfaatan media belum optimal guru masih sering menggunakan buku teks dalam pembelajaran di kelas. Untuk topik hidrosfer misalnya danau dan rawa tidak perlu didefinisikan melainkan dengan menunjukkan langsung contoh gambar objek Oleh karena itu untuk mengenali dan memahami objekobjek alam tersebut dibutuhkan media pembelajaran agar objek-objek alam dapat ditampilkan. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk multimedia untuk mata pelajaran geografi SMA kelas X semester II (hidrosfer). Produk ini dimaksudkan membantu siswa dalam pembelajaran geografi. Produk ini dibuat dalam bentuk CD (compact disk) pembelajaran. Penelitian ini didesain menjadi delapan tahapan antara lain analisis materi desain media produksi media validasi produk oleh ahli materi dan ahli media konfirmasi revisi produk uji coba produk dan revisi produk. Penelitian pengembangan ini berbasis komputer dengan menggunakan software Adobe Flash CS3 untuk mendesain dan mengatur multimedia hidrosfer. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa aplikasi multimedia pembelajaran materi hidrosfer pada mata pelajaran Geografi untuk SMA/MA kelas X. Data yang digunakan dalam pengembangan diperoleh dari uji coba lapangan. Uji coba produk dilaksanakan dua kali yaitu tahap pertama kelas X-6 dan X-7 SMA Negeri 3 Malang sedangkan tahap kedua kelas X-8 SMA Negeri Malang dan kelas X-6 SMA Negeri 7 Malang. Hasil angket tahap pertama kelas X-6 memiliki rata-rata nilai 69 yaitu cukup baik sedangkan hasil angket kelas X-7 memiliki rata-rata nilai 73 yaitu cukup baik. Hasil angket tahap kedua kelas X-8 memiliki rata-rata nilai 85 yaitu baik. Hasil angket kelas X-6 memiliki rata-rata nilai 84 yaitu baik. Data berikutnya diperoleh dari hasil tes menggunakan skor pembobotan pada masing-masing item. Hasil tes tahap pertama kelas X-6 memiliki rata-rata nilai 64 yaitu cukup baik. Hasil tes kelas X-7 memiliki rata-rata nilai 74 yaitu cukup baik. Tes yang dilaksanakan pada tahap pertama belum maksimal. Hal ini disebabkan siswa melihat tayangan media di luar kelas tanpa LCD. Hasil tes tahap kedua kelas X-8 memiliki rata-rata nilai 81 yaitu baik. Hasil tes kelas X-6 memiliki rata-rata nilai 76 yaitu baik. Tes yang dilaksanakan pada tahap kedua sudah maksimal. Hal ini disebabkan siswa melihat tayangan media dengan LCD. Revisi produk berdasarkan saran dari ahli materi ahli media dan angket siswa. Saran dari ahli materi antara lain animasi pada siklus air perlu ditambah limpasan gambar daerah aliran sungai perlu diperbaiki danau dan rawa diganti dengan gambar yang lebih jelas. Saran dari ahli media antara lain animasi siklus air perlu keterangan yang jelas gambar daerah aliran sungai dibedakan menjadi hulu dan hilir danau karst dan glasial diganti dengan gambar yang sesuai gambar rawa diperbaiki dengan jelas. Saran dari angket siswa antara lain video perlu diperbaiki suaranya kejelasan gambar uapnya penulisan huruf diperbesar dan animasi ditambah dengan game. Saran dalam pengembangan ini terdiri dari pemanfaatan produk dan pengembangan lanjut. Untuk pemanfaatan produk disarankan guru dapat menggunakan multimedia dalam pembelajaran geografi yang ditampilkan dengan LCD agar tampilan lebih besar. Untuk pengembangan lanjut sebaiknya dikembangkan pada semua sub materi hidrosfer agar diperoleh produk yang utuh dan menyeluruh. Selain itu diharapkan adanya penelitian eksperimen lanjutan untuk menguji kelayakan produk sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62240

Actions (login required)

View Item View Item