Perbedaan kemampuan menyusun program karya ilmiah dan hasil belajar dengan stategi pembelajaran inkuiri melalui observasi lapangan dan diskusi kelompok mahasiswa geografi FKIP Universitas Tadulako / Nurvita - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan menyusun program karya ilmiah dan hasil belajar dengan stategi pembelajaran inkuiri melalui observasi lapangan dan diskusi kelompok mahasiswa geografi FKIP Universitas Tadulako / Nurvita

Nurvita (2012) Perbedaan kemampuan menyusun program karya ilmiah dan hasil belajar dengan stategi pembelajaran inkuiri melalui observasi lapangan dan diskusi kelompok mahasiswa geografi FKIP Universitas Tadulako / Nurvita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (2) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Menyusun Laporan Karya Ilmiah Hasil Belajar Strategi Pembelajaran Inkuiri. Proses pembelajaran mata kuliah Geografi Pariwisata di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Tadulako yang dilakukan selama ini cenderung terpusat pada dosen (teacher oriented) kurangnya kesempatan bagi mahasiswa untuk menemukan sendiri ide konsep maupun generalisasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran membuat mahasiswa merasa bosan jenuh dan menganggap mata kuliah Geografi pariwista tidak menarik. Strategi pembelajaran inkuiri memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang telah dimilikinya dengan pengetahuan baru dengan menggunakan seluruh indera baik fisik maupun mental secara langsung dengan lingkungan atau objek belajarnya kegiatan pembelajaran ini mendukung pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Salah satu inovasi pembelajaran dengan pendekatan tersebut adalah strategi pembelajaran inkuiri yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk menemukan sendiri ide konsep maupun generelisasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran dengan mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata dilakukan dengan kegiatan observasi pada objek belajar langsung di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) kemampuan menyusun laporan karya ilmiah dan (2) hasil belajar mahasiswa geografi FKIP Universitas Tadulako pada mata kuliah Geografi Pariwisata antara yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi) model control-group design karena ada faktor eksternal yang berpengaruh pada kemampuan menyusun laporan dan hasil belajar mahasiswa yang tidak dapat dikontrol oleh peneliti. Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2008 yang memprogram mata kuliah Geogarfi Pariwisata pada semester V tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 62 mahasiswa dan dibagi menjadi dua kelompok dengan kemampuan yang sama berdasarkan nilai semester sebelumnya. Kelompok pertama Geo A (31 mahasiswa) sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri melalui observasi lapangan dan kelompok kedua Geo B sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran diskusi kelompok. Data yang dikumpulkan diolah dengan meggunakan statistik inferensial dengan menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan kemampuan menyusun laporan karya ilmiah antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri melalui metode observasi lapangan dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran diskusi kelompok. Kemampuan menyusun laporan karya ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri melalui observasi lapangan sedikit lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran diskusi kelompok dengan perolehan rata-rata kelas eksperimen (63 746) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (47 742) dan (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri melalui metode observasi lapangan dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan diskusi kelompok. Hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri melalui observasi lapangan lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran diskusi kelompok dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (85 6129) daripada kelas kontrol (74 6371). Sejalan dengan temuan hasil penelitian yang telah dikemukakan maka dalam upaya meningkatkan kemampuan menyusun laporan karya ilmiah dan hasil belajar disarankan mempertimbangkan penerapan startegi pembelajaran inkuiri melalui observasi lapangan pada kompetensi tertentu yang disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran. Ini bertujuan memberikan banyak kesempatan dan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menyusun laporan karya ilmiah dan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62236

Actions (login required)

View Item View Item