Penerapan pembelajaran kooperatif model investigasi kelompok berbasis out door study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Ternate / Dahri HI. Halek - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model investigasi kelompok berbasis out door study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Ternate / Dahri HI. Halek

Halek, Dahri HI. (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model investigasi kelompok berbasis out door study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Ternate / Dahri HI. Halek. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.Si (2) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci aktivitas belajar hasil belajar investigasi kelompok berbasis out door study. Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran geografi di SMA Muhammadiyah Kota Ternate adalah 75% siswa tidak dapat menjawab pertanyaan tentang materi lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan dan 80% siswa sama sekali tidak aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut terjadi akibat dari kondisi siswa yang pasif dan banyak diam sehingga mengalami kebosanan dan kejemuan yang berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Dari faktor guru monoton menggunakan metode ceramah tidak memberi kesempatan yang proposional kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan model investigasi kelompok berbasis out door study dalam pembelajaran geografi khususnya pada materi lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan adalah sangat tepat. Melalui model investigasi kelompok berbasis out door study siswa menjadi lebih aktif dan tidak lagi menghafal fakta-fakta tetapi siswa mengkonstruksi pengetahuan sendiri. Model investigasi kelompok berbasis out door study dapat mengembangkan keterampilan mengamati gejala geografi secara langsung di lapangan membuat pelajaran menjadi lebih jelas dan kongkrit memudahkan siswa memahami bahan pelajaran merangsang siswa untuk lebih aktif mengamati dan mencoba sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi pada materi lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan dengan menerapkan model investigasi kelompok berbasis out door study. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 tepatnya pada bulan Pebruari-Maret 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 33 siswa terdiri dari 22 siswa putra dan 11 siswa putri. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran geografi pada materi lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan dengan menggunakan model investigasi kelompok berbasis out door study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Rata-rata aktivitas belajar pada siklus I 9 54 siklus II sebesar 12 87 sehingga mengalami peningkatan sebesar 3 33 pada siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 62 37 siklus II sebesar 85 36 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 22 99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model investigasi kelompok berbasis out door study dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Kota Ternate. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru geografi di SMA hendaknya menerapkan model investigasi kelompok berbasis out door study dalam pembelajaran geografi pada materi tentang lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah diharapkan melalui penelitian ini dapat memberikan sumbangan positif dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran geografi. Bagi peneliti lanjut agar dapat memodifikasi dan mengembangkan penerapan model investigasi kelompok berbasis out door study misalnya dengan kegiatan discovery-inquiry.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62231

Actions (login required)

View Item View Item