Penggunaan media gambar diam program Microsoft Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar materi pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Tuban / Titik Susilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar diam program Microsoft Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar materi pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Tuban / Titik Susilawati

Susilawati, Titik (2011) Penggunaan media gambar diam program Microsoft Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar materi pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Tuban / Titik Susilawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd II Dr. Agus Suryantoro. M.Si Kata-kata Kunci Peningkatan hasil belajar Media gambar diam program Microsoft Powerpoint Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berhasilnya siswa kelas XI IPS dalam memperoleh nilai yang sesuai dengan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada materi Sumber Daya Alam pada SMA Negeri 1 Tuban. Pada penelitian ini ditemukan beberapa masalah antara lain (1) siswa Kelas XI IPS kurang perhatian terhadap materi yang disampaikan oleh Guru (2) mencari perhatian pada saat guru menjelaskan (3) materi lingkungan hidup banyak hafalannya dan membosankan (4) siswa lebih senang bermain HP dan berbicara denga temannya (5) 10 siswa (45.45%) kurang memenuhi KKM dari 22 siswa (6) 12 siswa (54.55%) nilainyasesuai dengan KKM tetapi rata-rata klasikalnya kurang memenuhi KKM yaitu 68 52 hal ini yang menyebab nilai tersebut kurang dari KKM yaitu 70. Nilai KKM bukan harus nilai bulat misalnya 65 atau 80 tetapi bisa kurang walaupun 0 01 siswa tersebut dinyatakan tidak tuntas. Untuk mengatasi hal tersebut di atas diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa tertarik dan senang terhadap materi geografi yang akandisampaikan oleh guru terutama materi lingkungan hidup dan aspek pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Media Gambar Diam Program Microsoft Powerpoint siswa kelas XI-IPS materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup Dalam Kaitannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Negeri 1 Tuban. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas dilakukan PenelitianTindakan Kelas (PTK) pada semester genap Tahun Pelajaran 2008-2009 padabulan Maret-April 2009. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS sebanyak 22 siswa yang terdiridari 11 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan. Untuk hasil proses pembelajaran nilai rata-rata klasikal dari siklus I adalah 78 siklus II sebesar 83 siklus III sebesar 90 sebelum proses siklus dilakukan nilai siswa XI-IPS mempunyai nilai rata-rata 63 35 merupakan nilai rata- rata kelas yang kurang dari KKM yaitu 70 hasil peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5 sedangkan dari siklus II ke siklus III sebesar 8. Dapat dikatakan bahwa penerapan media gambar diam program Microsoft Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Tuban. Temuan-temuan yang diperoleh adalah (1) siswa perhatian terhadap materi yang disampaikan oleh guru dan tertarik untuk menjawab secara spontan karena melihat tayangan yang dipresentasikan (2) merasa tidak bosan melihat tayangan yang dipresentasikan walaupun secara singkat bahkan mereka berusaha menulis materi yang telah disampaikan (3) siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan (4) mempunyai kreasi untuk membuat begraund slide yang ditugaskan dan berusaha untuk mempresentasikan materi dengan baik dan semua siswa aktif dalam pembelajaran karena saling berlomba untuk menampilkan slide mereka. Data diperoleh dari soal yang dikerjakan oleh siswa setelah kegiatan tindakan pada setiap siklus dan nilai yang diperoleh diolah kemudian diprosentase. Selain itu data ini diperoleh dari temuan lapangan yang dibantu oleh teman sejawat. Beberapa catatan yang lain dibuat setalah proses pengajaran sebagai dokumen yang didapat dalam proses refleksi. Bagi para peneliti lanjut untuk menggunakan pembelajaran yang tepat yang sesuai dengan pendukung di sekolah masing-masing yang berupa sarana dan prasarana agar materi yang disampaikan guru dapat diterima oleh siswa dengan mudah dan dapat mengalokasikan waktu dengan baik. Perlu disampaikan bahwa mata pelajaran geografi mulai tahun pelajaran 2008/2009 masuk dalam mata pelajaran UNAS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62230

Actions (login required)

View Item View Item