Persepsi guru kelas I s/d VI sekolah dasar terhadap evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Ririn Arista - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru kelas I s/d VI sekolah dasar terhadap evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Ririn Arista

Arista, Ririn (2016) Persepsi guru kelas I s/d VI sekolah dasar terhadap evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Ririn Arista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arista Ririn. 2016. Persepsi Guru Kelas I s/d VI Sekolah Dasar Terhadap Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd Kata Kunci persepsi guru evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 Kurikulum 2013 merupakan Kurikulum yang sedang berlangsung sejak 2013. Pembelajaran yang diterapkan pada Kuikulum 2013 yaitu pembelajaran tematik dan pada penilaiannya menggunakan penilaian autentik. Evaluasi pembelajaran secara autentik baru berjalan selama 3 tahun di Kota Malang. Evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 ini mencakup 3 ranah yaitu pengetahuan sikap dan keterampilan. Persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 tersebut berbeda-beda. Persepsi yaitu suatu tanggapan seseorang terhadap suatu hal apa yang ada di lingkungan sekitarnya. Diharapkan tanggapan para guru tersebut sesuai dengan anjuran dari Kemendikbud no. 53 tahun 2015. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada guru kelas I s/d VI Sekolah Dasar se Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dalam menanggapi evaluasi pembelajaran pada kurikulum 2013 hanya sebatas kebutuhan siswa. Selain itu masih banyak guru yang tidak melakukan penilaian sesuai dengan anjuran dari Kemendikbud. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendiskripsikan suatu fenomena sebagaimana adanya pada waktu penelitian dilakukan. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner dan wawancara dengan menggunakan skala likert dalam penyusunannya. Penyusunan kuisioner menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas yang digunakan ada 2 macam yaitu validitas konstruk dan validitas isi yang dilanjut ujicoba lapangan. Uji coba lapangan ini dilakukan pada bulan Februari 2016 dan penelitian sebenarnya dilakukan pada bulan Maret 2016 Penelitian ini diterapkan untuk mengetahui persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran pada aspek pengetahuan sikap keterampilan dan persepsi pada penilaian autentik. Berdasarkan hasil dari kuisioner yang telah disebar dan melakukan wawancara bahwa persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran pada aspek pengetahuan mencapai 78 6% untuk aspek sikap mencapai 78 36% untuk aspek keterampilan 78 02% untuk penilaian autentik mencapai 76 68%. Dengan demikian persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 sudah baik. Penelitian ini digunakan untuk bahan rujukan bagi guru dan dinas untuk mengevaluasi tanggapan dan pengertian guru terhadap evaluasi pembelajaran pada kurikulum 2013 yang sedang berjalan sekarang agar lebih baik lagi. Dengan demikian tanggapan para guru akan sejalan dengan anjuran dari Kemdikbud no. 53 tahun 2015.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6223

Actions (login required)

View Item View Item