Penerapan metode pembelajaran outdoor study objek lereng gunung kelud guna meningkatkan aktivitas, hasil belajar, dan kemampuan menyusun karya tulis geografi materi pemanfaatan sumberdaya alam siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Blitar / Moch. Budi Harsono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran outdoor study objek lereng gunung kelud guna meningkatkan aktivitas, hasil belajar, dan kemampuan menyusun karya tulis geografi materi pemanfaatan sumberdaya alam siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Blitar / Moch. Budi Harsono

Harsono, Moch. Budi (2011) Penerapan metode pembelajaran outdoor study objek lereng gunung kelud guna meningkatkan aktivitas, hasil belajar, dan kemampuan menyusun karya tulis geografi materi pemanfaatan sumberdaya alam siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Blitar / Moch. Budi Harsono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pasca Sarjana Universitas Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Pd (II) Dr. Achmad Amirudin M.Pd. Kata kunci outdoor study aktivitas siswa hasil belajar karya tulis sumberdaya alam. Metode outdoor study atau metode pembelajaran di luar ruangan kelas merupakan metode pembelajaran yang mampu memupuk kreatifitas inisiatif kerjasama atau gotong royong dan mengakrapkan siswa dengan lingkungan sekitarnya. Peran guru pada pembelajaran outdoor adalah sebagai motivator artinya guru sebagai pemandu agar siswa belajar secara aktif efektif kreatif dan akrab dengan lingkungaan. Materi geografi yang sesuai dengan metode outdoor study adalah materi kelas XI IPS semester dua yang membahas pemanfaatan sumberdaya alam. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran outdoor ini pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Blitar dengan objek lokasi bekas aliran lahar gunung Kelud di wilayah Blitar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan metode outdoor study dalam meningkatkan aktifitas hasil belajar dan menyusun karya tulis pada pelajaran geografi siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Blitar tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan sedangkan subjek yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Blitar yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 21 perempuan dan 16 laki-laki. Aktifitas siswa diukur dengan menggunakan descriptor dimana semua kegiatan siswa dicatat hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih nilai tes pada saat pratindakan siklus1 dan siklus 2 sedangkan kemampuan menyusun karya tulis diukur berdasarkan selisih nilai pada siklus satu dengan siklus dua. Instrumen yang digunakan adalah soal tes lembar observasi aktifitas siswa dan format penilaian karya tulis. Berdasakan hasil penelitian diketahui adanya peningkatan aktifitas siswa hasil belajar dan kemampuan menyusun karya tulis siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Blitar. Peningkatan aktifitas siswa ditunjukkan pada siklus I yang mencapai keberhasilan terdapat 51 3% yang terdiri dari 8 1% dengan kriteria baik sekali 43 2% dengan kriteria baik sedangkan sisanya 48 7% dapat dikatagorikan belum berhasil. Pada siklus II yang mencapai keberhasilan terdapat 86 4% yang terdiri dari 40 5% dengan kriteria baik sekali 45 9% dengan kriteria baik sedangkan sisanya 13 6% dapat dikatagorikan belum berhasil. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan pada saat pratindakan terdapat 27 0% atau 10 siswa siklus I terdapat 67 6% atau 25 siswa dan pada siklus II terdapat 89 2% atau 33 siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan siswa yang belum tuntas belajarnya pratindakan 73 0% atau 27 siswa siklus I terdapat 32 4% atau 12 siswa dan pada siklus II terdapat 10 8% atau 4 siswa. Sedangkan peningkatan kemampuan menyusun karya ilmiah terlihat pada siklus I terdapat 3 kelompok atau 0 43% yang nilainya dibawah 75 dan pada siklus 2 seluruh kelompok atau 100% nilai rata-ratanya di atas 75.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62229

Actions (login required)

View Item View Item